get app
inews
Aa Read Next : Sukirman Ingatkan Generasi Muda Jangan Lupakan Sejarah dan Jasa Pahlawan Bangsa Indonesia

Nama Asli Kapitan Pattimura Ternyata Bukan Thomas Matulessy, UAH Beberkan Faktanya

Sabtu, 27 November 2021 | 13:13 WIB
header img
Ustadz Adi Hidayat alias UAH. (Foto: Adi Hidayat Official/YouTube)

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengungkap nama asli Kapitan Pattimura, sang pejuang Islam di Tanah Air. Ia selama ini dikenal memiliki nama asli Thomas Matulessy, sosok pahlawan nasional yang lahir di Maluku pada tanggal 8 Juni 1783.

Selain itu, Kapitan Pattimura juga salah satu pahlawan yang gigih membela rakyat Maluku atas kekejaman penjajahan Belanda. 

Namun, rupanya nama asli Kapitan Pattimura bukanlah Thomas Matulessy, melainkan Ahmad Lussy. Kebenaran tersebut diungkapkan oleh Ustadz Adi Hidayat Lc MA dalam ceramahnya.

Dikutip dari kanal YouTube Kajian Islam Podcast, Jumat (26/11/2021), UAH menjabarkan tentang nama asli sebenarnya dari Kapitan Pattimura yaitu Ahmad Lussy.

Selain dikenal sebagai pahlawan, menurut keterangan Ustadz Adi Hidayat, Kapitan Pattimura juga seorang kiai dari pondok pesantren serta pejuang Islam yang sangat luar biasa.

"Nama aslinya bukan Thomas, tetapi Ahmad Lussy, dan beliau salah satu kiai di salah satu pesantren, pejuang luar biasa," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Dulu kalau memimpin sesuatu itu disebut kapitan sampai ke Amerika. Pattimura nama asalnya Ahmad Lussy, entah kenapa namanya tiba-tiba berubah jadi Thomas Matulessy. Ada yang salah di situ," lanjutnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut