get app
inews
Aa
Read Next : Mantan Gubernur Babel Erzaldi Dicecar 3 Pertanyaan Saat Diperiksa Penyidik Kejati Babel

Erzaldi Dukung Kebijakan Presiden Jokowi Stop Ekspor Bahan Mentah Timah

Kamis, 25 November 2021 | 19:03 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman saat memberikan sambutan pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) Tahun 2021 di Ruang Tanjung Kelayang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemprov Babel)

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Babel, Tantan Heroika S mengatakan, pengendalian ekonomi global dan keberhasilan pengendalian Covid-19 mengakselerasi pemulihan ekonomi Indonesia termasuk di Bangka Belitung. Pemulihan ekonomi Babel terus berlanjut di tahun 2021 dan mencapai 6,11 persen. Dari sisi pengeluaran, ekspor luar negeri, dan konsumsi rumah tangga menjadi sektor pendorong pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan tiga 2021.

“Sementara dari sisi lapangan usaha, sektor pertambangan, industri pengolahan dan perdagangan, tumbuh menguat dibandingkan triwulan sebelumnya. Demikian juga sektor pertanian yang masih tumbuh positif,” jelasnya.

Lebih jauh Tantan Heroika mengatakan, tekanan inflasi tahun 2021 Bangka Belitung relatif meningkat seiring dengan adanya permintaan masyarakat di tengah stok bahan pangan yang relatif terjaga. Hingga Oktober 2021, Babel tercatat mengalami inflasi sebesar 3,2 persen. 

Acara tahunan BI di Ruang Tanjung Kelayang BI Babel ini dibuka dengan persembahan tarian Gajah Manunggal diiringi musik dambus dengan sentuhan modern yang dimainkan oleh para milenial. Tarian berasal dari salah satu daerah pesisir pantai Bangka Selatan yaitu Suku Laut atau Suku Sekak yang terletak di Pulau Lepar. Selain itu, persembahan musik dambus orisinil yang dibawakan oleh 'amang dan atok' sepuh Bangka Belitung juga disuguhkan dihadapan tamu undangan yang terdiri dari Ketua DPRD Babel, Forkopimda, Bupati/Walikota, Kepala Perangkat Daerah Babel, Akademisi, dan Media.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut