get app
inews
Aa
Read Next : Simpan Sabu di Bawah Kursi Rumah, Guru Honorer di Bangka Tengah Diciduk Polda Babel

Pidato Lengkap Mendikbud Nadiem Makarim di Hari Guru Nasional 2021

Kamis, 25 November 2021 | 14:07 WIB
header img
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bertindak sebagai pemimpin upacara saat upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021 di halaman kantor Mendikbudristek, Senayan, Jakarta, hari ini Kamis (25/11/2021).

JAKARTA, lintasbabel.id - Meski pandemi Covid-19 penuh ujian dan tantangan bagi para guru, namun kondisi ini tidak mengurangi semangat pada guru untuk melakukan perubahan, agar siswa tidak ketinggalan pelajaran.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, adanya pandemi menyebabkan guru terpukul secara ekonomi, kesehatan dan juga batin.

Untuk memastikan siswa tidak ketinggalan pelajaran, katanya, guru pun mendatangi rumah para siswanya. Guru juga mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal.

Kurikulum pun disederhanakan untuk memastikan para siswa tidak belajar di bawah tekanan. 

"Guru di seluruh Indonesia menangis melihat murid mereka semakin hari semakin bosan, kesepian, dan kehilangan disiplin," katanya pada Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021, Kamis (25/11/2021).

Nadiem mengatakan, tidak hanya tekanan psikologis karena Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), banyak guru mengalami tekanan ekonomi untuk memperjuangkan keluarga mereka. 

"Sangat wajar jika dalam situasi ini banyak guru yang terdemotivasi," ungkapnya.

Akan tetapi, ujarnya, adanya fenomena yang tidak terkira meski ada tekanan yang menimpa guru namun para guru tidak berputus asa.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut