get app
inews
Aa
Read Next : Pantang Pulang Sebelum Padam, Personel Gabungan Masih Berjibaku Padamkan Api Hutan Lindung Koba

Tanggulangi Kebakaran, Satpol PP dan Damkar Bentuk Relawan Balakar

Selasa, 20 September 2022 | 12:16 WIB
header img
Anggota Satpol PP dan Damkar Babar saat memberikan edukasi kebakaran ke warga. Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangka Barat, membentuk sebuah tim relawan Balakar. Nantinya, mereka akan disebar di setiap pemerintahan desa yang ada di Bangka Barat untuk menanggulangi kebakaran.

Kantor Satpol PP dan Damkar Babar, kemudian memberikan edukasi pencegahan dan penanganan kebakaran kepada sejumlah warga dan perwakilan desa di Gedung Aparatur Pemkab Babar, Selasa (20/9/2022). 

Selanjutnya, tim relawan Balakar inilah yang nantinya bakal memberikan edukasi terkait pencegahan dan penanganan kebakaran di tingkat desa. 

"Ini wujud dari pemberdayaan masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran. Adapun kedudukan dan fungsinya Balakar ini secara operasional ada dibawah kasi trantib kecamatan, pembinaannya tetap di kita," kata Kasat Pol PP dan Damkar Babar, Sidharta Gautama. 

Setelah memberikan edukasi, pihak Satpol PP dan Damkar Babar bakal memberikan simulasi mengenai penanggulangan kebakaran. Misalnya seperti cara menggunakan alat pemadam seperti fire hydrant dan alat pemadam api ringan (Apar).

"Kalau relawan sudah dibentuk di setiap desa, sudah full di setiap kecamatan. Nanti tim kami dari Bidang Dankar langsung turun memberikan sosialisasi dan simulasi ke tiap-tiap kecamatannya," ucapnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut