get app
inews
Aa Read Next : Contoh Teks Editorial Berbagai Tema Lengkap dengan Strukturnya

10 Contoh Teks Editorial Singkat Beserta Strukturnya

Kamis, 08 September 2022 | 22:12 WIB
header img
Contoh teks editorial singkat beserta strukturnya dapat kamu pelajari dalam artikel kali ini. (Foto: ilustrasi teks editorial/net)

5. Contoh Teks Editorial Tentang Waspada! Kosmetik Ilegal Masih Marak di Tangerang, Pedagang Diminta Periksa Izin Edar

(Pengenalan Isu)

Sejumlah produk kosmetik yang tidak terdaftar di Badan Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau ilegal masih ditemukan di sejumlah toko kosmetik di Kota Tangerang.

(Argumentasi)

Kepala Bidang Kepala Bidang Perdagangan, Shandy Sulaeman mengungkapkan bahwa kosmetik yang tidak terdaftar ditemukan saat tim monitoring Dinas Perindagkop UKM Kota Tangerang bersama tim BPOM melakukan pengawasan di sejumlah Mal di Kota Tangerang.

(Penegasan Ulang)

Shandy juga menerangkan, selain melakukan monitoring, pedagang juga diberikan informasi mengenai penggunaan aplikasi BPOM mobile. Hal ini bertujuan agar pedagang bisa memeriksa sendiri izin edar dari produk kosmetik yang dijual.

 

6. Contoh Teks Editorial Tentang Waspada! IDI Larang Lakukan Hal Ini pada Penderita Cacar Monyet

(Pengenalan Isu)

Ada dugaan bahwa cacar monyet adalah penyakit seksual baru. Meski pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi saran agar tidak berhubungan seks dengan penderita penyakit ini disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

(Argumentasi)

Secara tegas, IDI pun mengimbau kepada pemerintah Indonesia untuk siaga akan penyakit ini. Mengingat kasus cacar monyet sudah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

(Penegasan Ulang)

Selain tidak berhubungan seks dengan penderita cacar monyet, masyarakat juga diimbau untuk tidak menyentuh koreng atau lesi yang ada di kulit penderita, tidak menyentuh tempat tidur, handuk, dan pakaian penderita, pun berbagi peralatan makan dan minum.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut