get app
inews
Aa Read Next : 30 Contoh Kalimat Kompleks

Contoh Teks Editorial Berbagai Tema Lengkap dengan Strukturnya

Senin, 19 September 2022 | 12:35 WIB
header img
Contoh teks editorial berbagai tema lengkap dengan strukturnya dapat kamu pelajari dalam artikel kali ini. Foto: ilustrasi teks editorial/net.

JAKARTA, lintasbabel.id - Contoh teks editorial berbagai tema lengkap dengan strukturnya di artikel ini penting sangat untuk kamu pelajari. Mengutip modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks editorial adalah artikel dalam media massa yang merupakan pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang aktual atau sedang ramai diperbincangkan publik.

Walaupun teks editorial adalah opini atau pendapat, namun dalam penulisannya tidak bisa sembarangan. Penulisan pendapat ini harus dilengkapi dengan fakta, bukti dan argumentasi yang logis.

Berikut penjelasan tentang struktur dan contoh teks editorial yang harus kamu ketahui.

Struktur dan Contoh Teks Editorial

Struktur Teks Editorial

Struktur teks editorial terdiri atas tiga bagian, yakni pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pengenalan Isu

Bagian ini berisi sudut pandang penulis tentang isu atau masalah yang dibahas. pada bagian ini biasanya berisi peristiwa aktual, fenomenal, dan kontroversial.

2. Argumentasi

Merupakan alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumen yang diberikan dapat berupa pertanyaan umum/data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.

3. Penegasan ulang

Merupakan bagian akhir teks editorial. Bagian ini berisi penegasan ulang pendapat yang didukung oleh fakta pada bagian argumentasi guna memperkuat/menegaskan. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut