get app
inews
Aa Read Next : Contoh Teks Editorial Berbagai Tema Lengkap dengan Strukturnya

10 Contoh Teks Editorial Singkat Beserta Strukturnya

Kamis, 08 September 2022 | 22:12 WIB
header img
Contoh teks editorial singkat beserta strukturnya dapat kamu pelajari dalam artikel kali ini. (Foto: ilustrasi teks editorial/net)

JAKARTA, lintasbabel.id - 10 contoh teks editorial singkat ada dalam artikel kali ini. Namun, kamu juga harus mempelajari strukturnya agar bisa lebih paham bagaimana membuat teks editorial

Mengutip modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teks editorial adalah artikel dalam media massa yang merupakan pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang aktual atau sedang ramai diperbincangkan publik.

Walaupun teks editorial adalah opini atau pendapat, namun dalam penulisannya tidak bisa sembarangan. Penulisan pendapat ini harus dilengkapi dengan fakta, bukti dan argumentasi yang logis.

Struktur Teks Editorial

Struktur teks editorial terdiri atas tiga bagian, yakni pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. 

1. Pengenalan Isu

Bagian ini berisi sudut pandang penulis tentang isu atau masalah yang dibahas. pada bagian ini biasanya berisi peristiwa aktual, fenomenal, dan kontroversial.

2. Argumentasi

Merupakan alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumen yang diberikan dapat berupa pertanyaan umum/data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.

3. Penegasan ulang

Merupakan bagian akhir teks editorial. Bagian ini berisi penegasan ulang pendapat yang didukung oleh fakta pada bagian argumentasi guna memperkuat/menegaskan. 

Nah, pada halaman selanjutnya kamu dapat melihat 10 contoh teks editorial.

Contoh Teks Editorial

1. Contoh Teks Editorial tentang Manfaat Asupan Gula pada Anak

(Pengenalan Isu)

Anak-anak memang sulit dipisahkan dengan makanan manis atau yang mengandung gula. Konsumsi gula pada anak-anak pun dianggap kurang baik, terutama untuk kesehatan gigi anak. Namun, apakah benar tidak ada dampak positif dari konsumsi gula pada anak?

(Argumentasi)

Menurut dr. Putri Sakti dalam sebuah konferensi pers, gula memiliki beberapa jenis. Satu diantaranya adalah sukrosa atau yang biasa dikenal sebagai gula pasir. Saat gula pasir diolah dalam tubuh akan mampu menghasilkan energi yang penting untuk anak.

Kemudian ada juga jenis lain yang disebut laktosa, yakni jenis gula yang diproduksi dari susu sapi dan produk turunannya. Laktosa ini bermanfaat untuk energi otak anak, memperlancar sistem pencernaan, serta pertumbuhan tulang.

Konsumsi gula akan membawa dampak positif asalkan dikonsumsi sesuai dengan kadar yang telah ditentukan WHO maupun Kementerian Kesehatan. Anjuran tersebut menyatakan bahwa anak-anak usia 7-12 tahun sebaiknya tidak mengkonsumsi gula lebih dari 2-3 sendok makan atau tidak lebih dari 20 gram sukrosa atau gula pasir per hari.

(Penegasan Ulang)

Tidak perlu takut untuk memberikan asupan gula kepada anak asalkan masih dalam kadar sesuai yang dianjurkan. Pada dasarnya gula membawa manfaat namun jika dikonsumsi berlebihan tentu akan mendatangkan penyakit.

2. Contoh Teks Editorial tentang Pemindahan Lokasi Citayam Fashion Week

(Pengenalan Isu)

Fenomena Citayam Fashion Week (CFW) tengah ramai diperbincangkan publik. Dalam kegiatan ini, para remaja yang dikenal dengan sebutan anak SCBD (Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok) ini saling adu outfit bak model profesional.

Setelah viralnya fenomena CFW ini, semakin banyak kalangan yang datang ke kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat yang menjadi lokasi kegiatan ini. 

Sayangnya, hal ini kemudian memunculkan kemacetan dan mengganggu pengguna jalan lainnya. 

(Argumentasi)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengusulkan kegiatan Citayam Fashion Week dipindahkan ke lokasi lain. Ia menilai, ajang ini telah mengundang banyak masyarakat yang berakibat adanya parkir liar dan mengganggu lalu lintas.

Pihak kepolisian juga menyatakan bahwa Citayam Fashion Week melanggar Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena dilakukan di zebra cross atau tempat penyeberangan jalan.

Kendati demikian, pemindahan lokasi Citayam Fashion Week haruslah mempertimbangkan akses transportasi umum yang mudah dijangkau oleh anak muda dari daerah penyangga Jakarta seperti Bojong Gede, Depok, Bekasi, Tangerang dan Citayam.

(Penegasan Ulang)

Untuk itu, pemindahan lokasi kegiatan Citayam Fashion Week ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu pengendara di lokasi tersebut.

Meski begitu, pemerintah haruslah mempertimbangkan lokasi yang strategis dan mudah diakses untuk dijadikan lokasi terbaru Citayam Fashion Week.

3. Contoh Teks Editorial tentang Benarkah Sampo Sensasi Dingin Bikin Rambut Kering? Cek Faktanya

(Pengenalan Isu)

Banyak muncul di pasaran sampo dengan sensasi dingin. Sampo jenis ini menawarkan rasa dingin setelah keramas dan dianggap paling cocok untuk iklim Indonesia yang lembab.

(Argumentasi)

Sampo sensasi dingin pada umumnya mengandung mint. Bahan aktif lainnya pun menunjang sensasi tersebut, sehingga kepala terasa ringan dan ada perasaan segar di helai rambut. Tapi, ada sebagian orang percaya kalau sampo sensasi dingin semacam itu bikin rambut kering

(Penegasan Ulang)

Dijelaskan oleh Dokter Nataliani Mawardi, tidak benar bahwa semua sampo sensasi dingin itu membuat rambut kering. Itu akan sangat tergantung dari komposisi yang dipakai dalam sampo tersebut. 

 

4. Contoh Teks Editorial Tentang Gareth Bale Cetak Gol Debut di MLS, Pelatih Los Angeles FC: Pekerjaan Bagus

(Pengenalan Isu)

Gareth Bale sukses mencetak gol debutnya di Major League Soccer (MLS). Pelatih Los Angeles FC, Steve Cherundolo memberi pujian, namun juga ingin meningkatkan kondisi fisik pemainnya itu.

(Argumentasi)

Cherundolo mengakui Bale sudah menunjukkan pekerjaan bagus untuk membantu Los Angeles FC meraih kemenangan. Dia menilai kemenangan atas Sporting KC membantu Bale untuk meningkatkan kebugaran.

(Penegasan Ulang)

Dengan kemenangan tersebut Los Angeles FC berhasil menempati posisi puncak klasemen sementara di wilayah barat dengan 45 poin dari 21 penampilan. Sementara Bale mendapatkan pujian dari pelatihnya.

5. Contoh Teks Editorial Tentang Waspada! Kosmetik Ilegal Masih Marak di Tangerang, Pedagang Diminta Periksa Izin Edar

(Pengenalan Isu)

Sejumlah produk kosmetik yang tidak terdaftar di Badan Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau ilegal masih ditemukan di sejumlah toko kosmetik di Kota Tangerang.

(Argumentasi)

Kepala Bidang Kepala Bidang Perdagangan, Shandy Sulaeman mengungkapkan bahwa kosmetik yang tidak terdaftar ditemukan saat tim monitoring Dinas Perindagkop UKM Kota Tangerang bersama tim BPOM melakukan pengawasan di sejumlah Mal di Kota Tangerang.

(Penegasan Ulang)

Shandy juga menerangkan, selain melakukan monitoring, pedagang juga diberikan informasi mengenai penggunaan aplikasi BPOM mobile. Hal ini bertujuan agar pedagang bisa memeriksa sendiri izin edar dari produk kosmetik yang dijual.

 

6. Contoh Teks Editorial Tentang Waspada! IDI Larang Lakukan Hal Ini pada Penderita Cacar Monyet

(Pengenalan Isu)

Ada dugaan bahwa cacar monyet adalah penyakit seksual baru. Meski pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi saran agar tidak berhubungan seks dengan penderita penyakit ini disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

(Argumentasi)

Secara tegas, IDI pun mengimbau kepada pemerintah Indonesia untuk siaga akan penyakit ini. Mengingat kasus cacar monyet sudah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

(Penegasan Ulang)

Selain tidak berhubungan seks dengan penderita cacar monyet, masyarakat juga diimbau untuk tidak menyentuh koreng atau lesi yang ada di kulit penderita, tidak menyentuh tempat tidur, handuk, dan pakaian penderita, pun berbagi peralatan makan dan minum.
 

7. Contoh Teks Editorial Tentang Lewis Hamilton Raih Podium GP Prancis 2022, Sempat Dehidrasi hingga Turun Berat Badan

(Pengenalan Isu)

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil naik podium kedua pada balapan F1 GP Prancis 2022. Meski begitu, pembalap asal Inggris tersebut mengaku berat badannya turun tiga kilogram karena botol minumannya sempat tidak berfungsi saat balapan.

(Argumentasi)

Meskipun, Hamilton mengakui bahwa dirinya jarang minum saat balapan berlangsung. Pasalnya, dia kerap lupa lantaran fokus pada lintasan.

(Penegasan Ulang)

Juara dunia tujuh kali itu pun merasa dehidrasi lantaran tidak bisa minum. Sehingga, sulit bagi Hamilton untuk meraih podium teratas yang dihuni oleh Verstappen.

 

8. Contoh Teks Editorial Tentang Cucu Kelima SBY Lahir, Ibas Ungkap Makna Nama sang Putri

(Pengenalan Isu)

Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampak bahagia saat mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan kelahiran cucu kelima yang merupakan anak keempat dari putra bungsunya, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Aliya Rajasa.

(Argumentasi)

Ibas pun mendoakan agar kelak anaknya menjadi perempuan yang mencapai posisi tertinggi, cerdas, solehah, penuh rezeki, hidup tentram, merdeka dna bahagia.

(Penegasan Ulang)

Putri kedua Ibas dan Aliya itu diberi nama Alisha Prameswari Yudhoyono. Ibas pun menjelaskan makna di balik nama tersebut, yang berarti hadiah Tuhan yang cantik, periang, baik hati, sangat percaya diri dan penuh kasih sayang.

9. Contoh Teks Editorial Tentang Kepulangan Jemaah Haji Delay 30 Jam di Bandara Jeddah, Kenapa?

(Pengenalan Isu)

PT Garuda Indonesia (Persero) memberikan penjelasan soal keterlambatan atau delay jadwal penerbangan kepulangan kloter 1 jemaah haji asal embarkasi Banjarmasin pada hari ini.

(Argumentasi)

Direktur Layanan & Niaga Garuda Indonesia Ade R Susardi menjelaskan, penyesuaian jadwal penerbangan tersebut dikarenakan adanya kendala teknis pada kondisi pesawat A330-300 pada penerbangan GA 8201 yang melayani penerbangan dari Jeddah menuju Banjarmasin, yang mengharuskan dilakukannya prosedur perbaikan secara komprehensif.

(Penegasan Ulang)

Sebelumnya, penerbangan jamaah haji kloter 1 Embarkasi Banjarmasin (BDJ) mengalami keterlambatan (delay). Tak tanggung-tanggung, delay yang dialami jemaah mencapai lebih dari 30 jam.
 

10. Contoh Teks Editorial Tentang Dinding Pembatas Suporter Sisi Tribun Utara JIS Ambrol saat Diresmikan, Situasi Tetap Kondusif

(Pengenalan Isu)

Dinding beton pembatas suporter dengan lapangan utama sisi tribun Utara Jakarta International Stadium (JIS) ambrol saat grand launching Stadion JIS pada Minggu (24/7/2022).

(Argumentasi)

Namun, sejumlah petugas mengingatkan agar para suporter tidak terlalu menekan arah dinding beton pembatas dengan lapangan utama stadion JIS.

(Penegasan Ulang)

Kejadian tersebut membuat kaget sejumlah penonton. Tampak bagian dinding beton ambrol ke arah sisi lapangan yang berwarna merah. Sedangkan tiang teralis yang ambrol juga jatuh mengarah ke sisi lapangan yang berwarna merah.

Nah, itulah 10 contoh teks editorial singkat beserta strukturnya. Semoga kamu bisa mengetahui cara untuk membuat teks editorial. Selamat belajar!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut