get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Agustus 2022, Bangka Belitung Mengalami Deflasi 1,36%

Jum'at, 02 September 2022 | 13:07 WIB
header img
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Babel, Budi Widihartanto. (Foto: lintasbabel.id/ Tri Dianita)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di bulan Agustus 2022 tercatat mengalami deflasi sebesar 1,36% (mtm), setelah pada bulan sebelumnya mengalami inflasi sebesar 1,05% (mtm). Secara tahunan, Babel mengalami inflasi sebesar 6,38% (yoy), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 7,77% (yoy). 

Deflasi pada Agustus 2022 terutama bersumber dari penurunan indeks harga kelompok pengeluaran makanan, minuman dan tembakau dan kelompok transportasi. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) nasional pada Agustus 2022 mengalami deflasi 0,21% (mtm), lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat mengalami inflasi 0,64% (mtm). Deflasi pada Bulan Agustus 2022 disebabkan oleh penurunan indeks harga kelompok pangan. 

Pasokan komoditas bahan makanan hortikultura seperti bawang merah dan aneka cabai nasional terjaga sejalan dengan masuknya musim panen di daerah sentra. Secara tahunan, inflasi IHK nasional pada Agustus 2022 tercatat 4,69% (yoy) lebih rendah dibandingkan inflasi bulan sebelumnya 4,94% (yoy).

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut