get app
inews
Aa
Read Next : 3 Kades di Bangka Tengah Terima Penghargaan RJ 2024

Disdik Bangka Tengah Gelar Assisment Nasional Siswa SD, Yakin Mampu Tingkatkan Kualitas SDM

Rabu, 17 November 2021 | 13:36 WIB
header img
Pelaksanaan AN di SDN 8 Koba. (Foto : lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Kabupaten Bangka Tengah akan menggelar Assisment Nasional (AN) bagi siswa sekolah dasar (SD). AN diyakini mampu tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pelaksanaan AN ini bukan hanya memantau capaian penilain dari siswa saja tetapi semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkungan sekolah. Dengan merubah UN jadi AN ini lebih meningkatkan kualitas SDM," ujar Asisten II Bangka Tengah, Syarifullah Nizam, Selasa (17/11/2021).

Ia menturukan, dengan adanya pelaksanaan AN ini menjadi sebuah kompetensi yang lebih meningkatkan.

"AN ini dirasa mampu menjadi kompetensi yang tentunya meningkatkan kognitif, literasi, numerasi dan pengembangan lingkungan belajar sekolah," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar mengungkapkan, AN yang diselengarakan ini juga merupakan bentuk evaluasi yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

Selain itu, memberikan gambaran kepada kabupaten/kota untuk tahu kondisi kemampuan sekolah, anak, guru dan stakholder terlibat.

"Adanyan AN ini bisa kita lihat sama-sama apa yang harus kita lakukan evaluasi. Karena di sini bukan hanya siswa yang dinilai tetapi keseluruhan, baik guru, dan kepala sekolah apa yang menjadi kekurangan," ucap Iskandar.

Ia menilai pelaksanaan AN di Kabupaten Bangka Tengah saat ini berjalan lancar dan tidak ada kendala.

"Untuk di Bangka Tengah sendiri pelaksanaan AN ini ada tiga kategori, yakni online, semionline, dan menumpang karena memang katersedian fasilitas seperti perngkat komputer dan jaringan ini belum stabil. Seperti di Sungai Selan dan Lubuk Besar. Namun dari segi pelaksanaan ini berjalan lancar dan tidak ada kendala khusus," kata Iskandar.

Dia berharap, dengan adanya AN ini semua fasilitas di sekolah ke depannya bisa segera terpenuhi, baik komputer ataupun jaringan intetnet.

"Pelaksanaan AN ini lebih sempurna dan komplit dibanding Ujian Nasional, untuk itu kami telah menyediakan dana bos untuk penyediaan fasilutas di masing-masing sekolah dengan harapan kedepan semua titik di Bangka Tengah bisa terfasilitasi," tuturnya.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut