get app
inews
Aa Read Next : Cari Bibit Potensial, Mentok Community Soccer Gelar Turnamen Sepakbola U-11 dan U-13

Bersaing dengan 3 Negara Besar, Indonesia Tawarkan Ini Biar Bisa Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:42 WIB
header img
Stadion Si Jalak Harupat (foto: instagram/mulkisalman)

JAKARTA, lintasbabel.id - Federasi Sepakbola Asia (AFC) telah menetapkan 4 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023. Keempat negara kandidat tersebut yakni Indonesia, Australia, Qatar, dan Korea Selatan.

Mengutip laman resmi PSSI, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) tidak lama lagi akan segera melakukan inspeksi ke Indonesia terkait dengan bidding Piala AFC 2023. Tim dari AFC akan melakukan kunjungan ke beberapa stadion pada 1-4 September 2022.

Usai dari Indonesia, AFC akan bertolak ke Australia 4-7 September untuk melakukan inspeksi yang sama. Pada tanggal yang sama, tim AFC juga akan melakukan kunjungan ke Korea Selatan.

Sedangkan Qatar yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 akan menjadi mendapat kunjungan AFC pada 8-10 September. Setelah itu, Komite Eksekutif (Exco) AFC berencana akan mengumumkan tuan rumah Piala Asia 2023 pada 17 Oktober 2022.

Lantas apakah Indonesia bisa mencuri hati AFC? Tentunya Indonesia harus benar-benar bisa membuat AFC tertarik untuk menjadikannya sebagai tuan rumah Piala Asia.

Kendati demikian, apakah Indonesia lebih pantas dibanding 3 negara kandidat yang lain untuk menggelar ajang sebesar itu? Untuk menjawabnya, berikut ini adalah perbandingan 4 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023 yang dilansir iNews.id, Selasa (30/8/2022).

1. Qatar

Qatar adalah negara mungil tapi kaya yang menjadi salah satu kandidat tuan rumah. Melihat sepak terjang dan kualitasnya, Qatar pernah  menjadi tuan rumah Piala Asia 2011.

Yang lebih mewah, Qatar juga bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 pada akhir tahun ini. Oleh karena itu, kualitas dan kapasitas Qatar tentu tidak perlu dipertanyakan lagi.

Qatar juga punya beberapa stadion besar dan mewah berstandar tinggi yang lebih dari pantas untuk menjadi venue Piala Asia 2023. Sebut saja Stadion Internasional Khalifa, Stadion Al Janoub, Stadion Education City, Stadion Al Bayt, atau Stadion Lusail Iconic.

2. Korea Selatan

Dalam hal infrastruktur, Korea Selatan tentu tidak perlu diragukan. Ia jauh lebih berpengalaman dalam menggelar ajang Internasional.  Pasalnya, Korea pernah didapuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Jepang.

Korea juga menjadi negara Asia papan atas dalam hal sepak bola. Negeri Gingseng itu memiliki sejumlah stadion berstandar tinggi seperti Olympic Stadium Seoul atau Jamsil Olympic Stadium yang menjadi stadion utama saat menyambut menyambut 1988 Summer Olympics dan 10th Asian Games pada 1986.

Ada juga Stadion Piala Dunia Jeju yang pernah dipakai untuk menyambut Piala Dunia 2002, ada juga Stadion Piala Dunia Daejeon, Seoul World Cup Park, atau Stadion Piala Dunia Jeonju.

3. Australia

Australia adalah tuan rumah Piala Asia edisi 2015. Selain itu, Australia juga akan menjadi host Piala Dunia Wanita 2023 bersama Selandia Baru. Negeri kanguru itu pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 2000 di Sydney. 

Sejumlah stadion berkapasitas megah antara lain adalah HBF Park, Cooper Stadium, Suncorp Stadium, Sky Stadium, hingga AAMI Park. 

 

4. Indonesia

Dibanding 3 negara kandidat yang lain, Indonesia bisa dikatakan tidak ada apa-apanya jika berbicara infrastruktur. Namun, ada beberapa stadion yang mungkin bisa menjadi etalase.

Misalnya saja adala venue Piala Dunia U-20 seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Gianyar, Bali). Itulah 4 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023.

Menarik dinantikan apakah Indonesia dapat membuat AFC lebih tertarik ketimbang di 3 negara kandidat yang lain.
 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut