get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Patung Thai Se Ja Senilai Rp40 Juta Dibakar Tengah Malam Saat Sembahyang Rebut

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 21:58 WIB
header img
Pelaksanaan Chit Ngiat Pan di Kelenteng Lo Hap Miau Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka. (Foto: lintasbabel.id/ Maulana)

BANGKA, lintasbabel.id - Patung Raksasa dengan tinggi 15 meter yang dikenal dengan nama Thai Se Ja, di kelenteng Lo Hap Miau Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan dibakar pada pukul 00.00 WIB, Jumat (12/8/2022) dinihari nanti.

Patung Thai Se Ja ini dibakar pada saat di penghujung acara Sembahyang Rebut atau Chit Ngiat Pan yang dilaksanakan warga keturunan Tionghoa.

Darwin, Ketua Panitia Chit Ngiat Pan Kelenteng Lo Hap Miau Merawang mengatakan, patung Thai Se Ja ini dibuat dengan cara gotong royong masyarakat Merawang, dan menghabiskan dana kurang lebih Rp40 juta.

"Patung Thai Se Ja sendiri adalah dewa yang berbadan besar tinggi sambil duduk serta memegang pena dan buku. Fungsi pena dan buku ini akan mencatat amal perbuatan arwah gentayangan. Patung ini kami buat dari bulan Mei 2022 kemarin, dengan cara gotong royong, untuk rangkanya kami buat dari kayu, terus kami balut dengan kertas minyak," katanya.

Darwin menjelaskan, dengan dibakarnya Thai Se Ja, menandakan bahwa arwah-arwah yang bergentayangan tersebut akan dibawa kembali oleh Thai Se Ja ke akhirat.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut