get app
inews
Aa Read Next : Kurang dari Sepekan Menjabat KSAD, Jenderal TNI Agus Subiyanto Diajukan jadi Panglima TNI 

Presiden Jokowi Tidak Memilih KSAL Sebagai Calon Panglima TNI, Ini Alasannya

Rabu, 03 November 2021 | 16:41 WIB
header img
Mensesneg, Pratikno (foto: istimewa)

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno menyebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) bisa menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Andika Perkasa pensiun. KSAD Jenderal Andika Perkasa, hari ini resmi diusulkan sebagai Calon Panglima TNI.

Hal itu disampaikan Pratikno saat menanggapi pertanyaan wartawan, ihwal alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak memilih KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

"Ya kan bisa nanti pada periode berikutnya," kata Pratikno usai jumpa persnya di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Diketahui, di era pemerintahan Presiden Jokowi, belum pernah menunjuk Panglima TNI dari matra angkatan laut. Kepala negara baru menunjuk orang nomor satu di TNI dari matra AD dan AU.

Pratikno menjelaskan, alasan Jokowi yang akhirnya memilih Jenderal TNI Andika Perkrasa sebagai suksesor Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Hadi akan pensiun dari Panglima TNI pada November 2021.

"Syarat Panglima TNI itu kan harus kepala staf. Kepala stafnya kan sekarang ini kan TNI AU sudah Panglima. Jadi pilihannya AD dan AL, pak Presiden sudah memilih angkatan darat," kata Pratikno.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut