get app
inews
Aa Read Next : Kepala BPK Perwakilan Babel Silaturahmi ke Pj Gubernur Suganda

BPK Temukan Kelebihan Pembayaran Insentif 8.961 Nakes

Senin, 01 November 2021 | 16:54 WIB
header img
Konferensi pers BPK temukan kelebihan pembayaran insentif 8.961 nakes, ungkap penyebabnya. (Foto: iNews/Iqbal M)

JAKARTA, lintasbabel.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan kelebihan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes), dalam penanganan pandemi Covid-19. Kelebihan pembayaran insentif diterima oleh 8.961 nakes. Jumlah kelebihan pembayaran insentif ini bervariasi, mulai dari Rp178ribu hingga Rp50juta. 

Ketua BPK, Agung Firman mengatakan, kelebihan pembayaran insentif nakes terjadi antara Januari hingga Agustus 2021, akibat kesalahan teknis pada saat penarikan database usulan insentif nakes, dari aplikasi insentif nakes yang dikelola Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM (PPSDM) Kesehatan. 

“Terjadi duplikasi data penerima insentif, dan data ini dijadikan dasar pembayaran insentif nakes sehingga terjadi kelebihan pembayaran untuk 8.961 nakes,” kata Agung dalam konferensi pers, Senin (1/11/2021). 

Pembahasan rekomendasi dan action plan, telah dilaksanakan pada 19 Oktober 2021, yang dihadiri tim pemeriksa dan pejabat terkait Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Atas permasalahan tersebut, Badan PPSDM Kesehatan telah melakukan kompensasi pembayaran masing-masing nakes, selama periode 1 Januari-19 Agustus 2021.  

BPK merekomendasikan Menteri Kesehatan melalui Badan PPSDM Kesehatan, untuk memproses sisa kelebihan pembayaran insentif nakes, yang masih ada per September 2021. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut