Logo Network
Network

Festival Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur

Agus Wahyu
.
Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:17 WIB
Festival Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur
Festival Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur. (Foto : ist)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur, secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fattah di stadion utama Belitung Timur, (27/10/2021) malam. Pameran inimerupakan upaya Pemerintah Provinsi Babel rangka membangkitkan kembali kejayaan pulau Belitung, yang menjadi jalur rempah dunia dimasa lampau.

Bicara mengenai rempah, Belitung Timur dahulu kala merupakan salah satu tempat penghasil rempah yang cukup dikenal oleh para penjelajah rempah dari berbagai penjuru dunia. 

Membaurnya berbagai etnis dan suku yang ada di Belitung Timur, sudah berlangsung sejak abad ke 12 hingga 18 masehi dan menjadi bukti masuknya bangsa asing ke Pulau Belitung melalui transaksi rempah yang terjadi pada zaman itu.

“Guna membangkitkan kejayaan dan kerinduan masyarakat Belitung akan kejayaan rempah pada zaman dulu, sekaligus mendongkrak sektor wisata di Pulau Belitung, maka kegiatan ini masuk dalam kalender wisata tahunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Abdul Fattah dalam sambutannya.


Pembukaan Festival Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung

Selain ragam budaya yang dimiliki oleh Pulau Belitung sebagai bukti kejayaan rempah pada masa lampau, adanya jejak pelabuhan yang masih tersebar di tersebut, berhasil menguak kejayaan rempah yang ada di sana.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.