get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

Penerimaan Pajak kendaraan Pemprov  Babel Berkurang 30 Persen

Selasa, 05 Juli 2022 | 14:14 WIB
header img
Kepala Bakuda Babel, M Haris. (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id  - Penerimaan pendapatan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) dari sektor pajak terancam akan berkurang sekitar 30 persen. 

Hal ini buntut dari terbitnya Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Bahkan diperkirakan, pendapatan Pemprov Kepulauan Babel dari sektor pajak kendaraan bermotor akan tergerus sekitar 30 persen. 

Sebab, kewenangan pemungutan pajak yang saat ini masih di tangan Pemprov Babel akan beralih ke Pemerintah Kabupaten/Kota. Dua opsen yang diterangkan oleh UU ini yang diterima oleh Pemkab/kota yakni opsen PKB dan BBNKB yang dipungut berdasarkan penetapan dari kepala daerah. 

Kepala Bakuda Babel, M Haris mengaku belum tahu kapan efektifnya peralihan ini dilaksanakan mengingat belum ada turunan dari UU ini seperti Peraturan Pemerintah (PP) dan juga regulasi di daerah seperti Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub). 

"Ya, belum ada turunannya seperti PP. Kita daerah juga tidak berani mendahului membuat perdanya sebelum ada PP-nya ini," jelas Haris, Selasa  (5/7/2022). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut