get app
inews
Aa
Read Next : Korda IJTI Bangka Selatan Resmi Dibentuk, Wiwin Suseno jadi Nahkoda

TeleCTG dan Bidan Sehati, Solusi Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Secara Digital di Bangka Selatan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:59 WIB
header img
Transformasi digital pada sektor kesehatan, menjadi hal mendesak yang harus diakselerasi di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). (Foto: lintasbabel.id/ Haryanto)

Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam lokus AKI dan lokus Stunting tahun 2021. Dimana trend angka kematian ibu dan bayi cenderung turun, tetapi masih belum memenuhi target nasional. 

Begitu pula dengan stunting, masih belum memenuhi target, dimana sekitar 12,9% anak di wilayah ini diketahui menderita stunting.

"Untuk itu, melalui inovasi teknologi dan program digitalisasi berkelanjutan yang bersifat holistik dan katalistik, permasalahan dari tingginya AKI, AKB dan stunting, dapat dikelola secara lebih efektif dan efisien dengan model yang inklusif, untuk dapat memperbaiki kualitas data, khususnya data kesehatan ibu dan anak," ujarnya.

Salah satu instrument yang sedang berkembang untuk memaksimalkan dan memantau perkembangan program kesehatan ibu dan memudahkan Pemantauan Wilayah Setempat (PWS), serta mendeteksi faktor resiko lebih awal dengan teknologi e-health. 

Dimana Ekosistem Sehati terdiri dari Aplikasi (Bidan Sehati), Dashboard, Consultation Center dan alat telemedicine yaitu TeleCTG.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andri Nurtito mengarakan penerapan digitalisasi kesehatan, memang sudah digagas sejak lama. Dan pada akhirnya, saat ini bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Sehati Group, gagasan tersebut baru bisa terealisasi.

Ia menjelaskan, sistem kesehatan telemedicine untuk menekan angka stunting, kematian ibu dan bayi menjadi sangat penting di tengah meningkatkan kasus tersebut. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut