get app
inews
Aa Read Next : 1.000 Warga Babel Terima Bantuan Pasang Listrik Gratis

Per 1 Juli 2022, PT PLN Resmi Menaikan Tarif Listrik Sebesar 17% 

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:04 WIB
header img
Pertanggal 1 Juli 2022, PT PLN Resmi Menaikan Tarif Listrik Sebesar 17%. (Foto: Ilustrasi/PLN)

Reza menyakini, penyesuaian tarif pelanggan rumah tangga 3.500 VA ke atas pada triwulan III 2022 tidak akan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian khususnya di Bangka Belitung. 

"Bagi pelanggan pascabayar nantinya perubahan tarif akan diperhitungkan mulai rekening listrik bulan Agustus 2022, sedangkan bagi pelanggan prabayar, penyesuaian diberlakukan saat melakukan transaksi pembelian token listrik mulai 1 Juli 2022," tambah Reza. 

Ia menjelaskan untuk  bisnis dan industri, dengan daya di bawah 3.500 VA tidak mengalami perubahan tarif.

Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Babel, Sapta Hidayat Nurdin menerangkan bahwa penyesuaian tarif ini dilakukan guna mewujudkan tarif listrik yang berkeadilan dimana kompensasi diberikan kepada masyarakat yang berhak, sementara masyarakat mampu membayar tarif listrik sesuai keekonomian. 

"Penerapan kompensasi dikembalikan pada filosofi bantuan pemerintah, yaitu ditujukan bagi keluarga tidak mampu. Ini bukan kenaikan tarif. Ini adalah adjustment, di mana bantuan atau kompensasi harus diterima oleh keluarga yang memang berhak menerimanya," jelas Sapta.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut