Quality Tourism dan Ekonomi Biru Arah Pembangunan Jangka Panjang Kepulauan Bangka Belitung

Rangga/Diskominfo Babel
Rapat Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel. Foto: Iyas Zi/ Diskominfo.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Mandala pengembangan Tourism Quality, dan Ekonomi Biru menjadi tema pembangunan wilayah kawasan barat Indonesia, sekaligus fokus utama arah pembangunan Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Hal ini diputuskan berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel, yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Safrizal ZA, didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Fery Afriyanto, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Fery Insani, di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur, Selasa (20/8/2024).

Kepala Bappeda Fery Insani dalam paparannya menjelaskan, quality tourism atau pembangunan pariwisata dan ekonomi biru yang berkenaan dengan hasil kelautan berdasarkan tema pembangunan wilayah tersebut sesuai dengan visi jangka panjang Kep. Babel 2045 yang diberi nama "Babel BERTUAH 2045" atau Berkelanjutan, Transformatif, Unggul, Maju, dan Harmonis.

Mendengar paparan rencana pembangunan Kep. Babel 20 tahun ke depan, Pj Gubernur Safrizal memberikan beberapa arahan kepada seluruh perangkat daerah terkait, terlebih RPJPD 2025-2045 akan disahkan, Rabu (21/8/2024), besok melalui Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kep. Babel. 

"Kerjakan apa yang harus dikerjakan, sambil memperhatikan arus utama cita-cita daerah. Jadi, tidak semata cita-cita perangkat daerah semata. Ini kesempatan (membangun Kep. Babel), dan harus berfokus pada sektor yang berimbas kepada masyarakat. Jadi, untuk menyambut ini perlu link and match penganggaran antara nasional, provinsi, dan kabupaten," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network