Bangka Tengah Satu-satunya Daerah di Babel Yang Terima Penghargaan KPAI

Rachmat Kurniawan
Bupati dan Wakil Bupati serta Kepala DPPKBP3A Bangka Tengah saat menerima penghargaan dari KPAI. Foto : istimewa.

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Setelah dinilai sukses menjadi daerah yang mampu memberikan perlindungan bagi anak, Kabupaten Bangka Tengah di tahun 2021 menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai daerah Kabupaten yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.

Kabupaten Bangka Tengah menjadi satu-satunya Kabupaten atau Kota di Bangka Belitung yang masuk 20 besar dari 514 Kabupaten/Kota se Indonesia yang menerima penghargaan dari KPAI.

"Alhamdulillah Bangka Tengah merupakan salah satu Kabupaten atau Kota yang masuk dalam penghargaan kategori yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak. Dan Bangka Tengah menjadi satu-satunya kabupaten di Bangka Belitung yang menerima penghargaan KPAI," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Kamis, (22/07/2021).

Ia menuturkan, penghargaan yang diberikan ini merupakan prestasi yang diraih bersama, khususnya dalam memberikan perlindungan anak. 

"Tentunya dalam perlindungan anak ini kita melibatkan semua lintas sektor, tidak hanya dinas terkait, khususnya perlindungan anak, namun kita juga melibatkan Duta Genre dan juga organisasi perangkat daerah (OPD), Lembaga Vertikal serta Lembaga Masyarakat terkait dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak ini," ujar Algafry.

Ia pun berharap dengan adanya prestasi yang diraih ini pihaknya akan terus berusaha menjadi tempat terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyatakat, khususnya anak-anak.

Sementara itu, kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Bangka Tengah, dr. Dede Lina Lindayati menuturkan bahwa anak merupakan harapan bangsa, sehingga memerlukan perhatian khusus di seluruh elemen.

"Kita berharap adanya Anugerah KPAI yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, akan semakin memotivasi untuk meningkatkan upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah pada perlindungan dan pemenuhan hak anak, meningkatkan integritas dan peran serta seluruh elemen untuk bergerak bersama dalam upaya Perlindungan Anak," ujar dr Dede.

Ia juga mengajak seluruh instansi terkait untuk bersama melindungi anak dengan tujuan untuk mewujudkan anak Bangka Tengah sebagai Generasi Emas yang berkualitas unggul.

"Tentunya dengan adanya penghargaan Anugerah KPAI ini tidak serta merta menghentikan langkah Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan menjadi euphoria, namun semakin memacu untuk mengoptimalkan segala kebijakan program dan kegiatan untuk melindungi dan memenuhi hak anak," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network