Harga Beras Kualitas Premium dan Medium di Pasar Tradisional Mentok Naik, Stok Aman

Rizki Ramadhani
Stok beras di salah satu toko di Pasar Mentok. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Harga beras di Pasar Tradisional Mentok, Kabupaten Bangka Barat mengalami lonjakan harga. Kenaikan harga ini telah terjadi dalam kurun waktu dua bulan terakhir. 

Wanwan (42), salah satu pedagang beras menyampaikan kendati mengalami kenaikan harga namun ketersediaan beras di pasaran relatif masih aman. 

"Naik lumayan, sudah beberapa kali semenjak 2 bulan yang lalu, naik bertahap ada yang seratus, dua ratus dan lima ratus rupiah (perkilogram), sudah lupa berapa totalnya karena sangat sering naik," ujar Wanwan, Kamis (21/9/2023). 

"Kalau untuk stok aman, yang penting jangan mutus stok. Kalau daya beli pertama-tama menurun, tapi udah lama-lama sudah kayak biasa," kata Wanwan. 

Sementara, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Bangka Barat Aidi mengatakan penyebab naiknya harga beras memang dari distributor, sehingga otomatis para pedagang juga harus menaikkan harga jual dan ditambah lagi produksi beras lokal tidak mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Bisa saja ini faktor yang sedang berlangsung cuaca yang kurang kondusif untuk produksi pangan beras lokal terutama di Bangka Barat, itu salah satu penyebab menurut saya," kata Aidi. 

Meskipun mengalami kenaikan harga beras, Aidi memastikan untuk stok baik kualitas premium maupun medium masih cukup untuk kebutuhan masyarakat Bangka Barat.

"Ketersediaan, kita sudah berkoordinasi dengan dinas Pertanian bahwa untuk Bangka Barat kita cukup, karena putaran masuk terus dan untuk dua minggu (kedepan) itu cukup," katanya. 

Aidi meminta masyarakat tidak perlu panik, lantaran beras akan terus masuk ke Bangka Barat dan apabila cuaca kondusif produksi beras lokal juga diharapkan stabil dan harga bisa turun kembali.

"Mudah-mudahan cuaca lebih stabil dan produksi kita meningkat, otomatis harga beras akan mengalami penurunan, harga beras saat ini masih bisa naik dan turun," ucapnya. 

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network