Mancing Ikan di Laut Akan Dibatasi, Berlaku Mulai 2022

Muri Setiawan
Ilustrasi mancing

JAKARTA, lintasbabel.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono menegaskan program kebijakan ikan terukur berbasis kuota, akan membuat sejumlah kebijakan pembatasan terhadap penangkapan ikan pada tahun 2022 mendatang. 

Hal tersebut kata Wahyu, dilakukan sebagai langkah pemerintah dalam upaya menjaga ketersediaan pasokan ikan di Laut Indonesia. Sehingga terdapat kuota penangkapan di tiap Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) untuk membatasi pengambilan ikan.  

“Jadi, nanti akan dibatasi kuotanya, di setiap WPP bakal dibagi dalam tiga jenis, paling utama kuota bakal dibagikan untuk investor dan kedua nelayan, dan yang terakhir untuk kebutuhan rekreasi," kata Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan virtual, dikutip IDXChannel, Kamis (23/12/2021)  

Menurut Wahyu, untuk penangkapan ikan terukur berbasis kuota terbagi menjadi enam zona utama.  

“Dalam menentukan kuota tersebut, KKP menggunakan basis data yang dikeluarkan oleh Komnas Kajiskan yang tujuannya untuk menjaga populasi ikan di tiap zona,” katanya. 

Sedangkan cara, untuk memastikan ikan yang ditangkap sesuai dengan kuota dan zonasinya, KKP menyiapkan teknologi pengawasan berbasis satelit. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network