Senyawa Hidrokarbon : Pengertian, Rumus, Golongan, dan Contohnya

Muri Setiawan
Senyawa Hidrokarbon, pengertiannya beserta rumus, golongan dan contohnya bisa kamu simak dalam artikel kal ini. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Senyawa Hidrokarbon, pengertiannya beserta rumus, golongan dan contohnya bisa kamu simak dalam artikel kal ini. Hidrokarbon sendiri merupakan suatu senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C) dan unsur Hidrogen (H),

Atom karbon bergabung untuk membentuk suatu kerangka senyawa, kemudian atom hidrogen menempel dalam berbagai konfigurasi yang berbeda, seperti ini komponen keduanya: CxHy.

Di dunia kimia, karbon sangat penting bagi manusia untuk dapat menuliskan rumus molekul dan rumus struktur. Rumus molekul menyatakan jumlah atom setiap unsur yang ada dalam suatu molekul. Sedangkan rumus struktur menggambarkan bagaimana atom-atom itu terikat satu sama lain. 

Golongan Hidrokarbon

Berdasarkan jenis ikatan antara atom karbon, senyawa hidrokarbon dibedakan menjadi hidrokarbon jenuh dan tak jenuh. Seluruh ikatan antar atom karbon pada hidrokarbon jenuh merupakan ikatan kovalen tunggal. Sementara, pada hidrokarbon tak jenuh, terdapat satu atau lebih ikatan rangkap ataupun ikatan rangkap tiga.

Hidrokarbon pada dasarnya, terbagi atas tiga golongan utama yaitu hidrokarbon alifatik, alisiklik dan hidrokarbon aromatik.

1. Hidrokarbon Alifatik

Hidrokarbon alifatik adalah hidrokarbon yang memiliki rantai lurus (jenuh), rantai bercabang atau rantai melingkar (tak jenuh).


Hidrokarbon Alifatik.
 

2. Hidrokarbon Alisiklik

Hidrokarbon alisiklik, yaitu hidrokarbon dengan rantai tertutup atau melingkar. Senyawa ini dapat diperoleh dari lemak atau minyak

 


Hidrokarbon Alisiklik.
 

3. Hidrokarbon Aromatik

Sementara hidrokarbon aromatik, dimana rantai melingkar dengan ikatan konjugasi, yaitu ikatan tunggal dan ikatan rangkap yang berselang-seling. Senyawa jenis ini diperoleh dari ekstrak tumbuhan yang menghasilkan bau harum. Hidrokarbon aromatik memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik.


Hidrokarbon Aromatik


Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network