Mengenal Sifat-Sifat Air, Mulai dari Mengalir ke Dataran Rendah sampai Menekan ke Segala Arah

Muri Setiawan/ Net
Sifat-sifat air bisa kamu ketahui dari dalam artikel ini. Foto: Istimewa.

2. Dapat Berubah Wjud

Air memiliki sifat dapat berubah wujud atau bentuk. Ketika air dipanaskan dalam suhu tertentu dan dengan jangka waktu tertentu, maka dia akan berubah menjadi uap. Uap air ini merupakan wujud dari benda gas.

Selain itu apabila air didinginkan dalam lemari pendingin misalnya, maka air tersebut akan berubah menjadi es. Benda yang dinamakan es ini merupakan wujud dari benda padat.

Dari kedua kondisi yang berlawanan tersebut maka kita mengetahui bahwasannya air dapat berubah menjadi wujud benda yang berbeda.

 

3. Mampu Meresap Melalui Celah-Celah Terkecil

Air adalah benda yang sangat fleksibelSalah satu sifat yang dimiliki oleh air adalah dapat meresap melalui celah-celah terkecil sekalipun.

Molekul-molekul yang dimiliki oleh air yang kecil dapat meresap di tempat yang berlubang kecil dengan lubang yang lebih besar daripada molekul yang dimiliki oleh air itu sendiri.

Contohnya, ketika air ditumpahkan di atas permukaan tanah yang kering, maka lama kelamaan air tersebut akan habis. Hal ini karena di dalam tanah terdapat celah-celah yang sangat kecil yang dapat digunakan air untuk meresap.

Dan ini pula yang menjadikan mengapa air yang menempati satu ruang maka tanah yang ada di sekitarnya akan ikut basah meskipun tanah tersebut tidak dialiri air secara langsung.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network