Contoh Kalimat Persuasif Lengkap dengan Ciri-cirinya

Nur Fathiyah Azizah Putri/ Net iNews
Contoh kalimat persuasif dan ciri-cirinya. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Contoh kalimat persuasif merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Kalimat persuasif akan dibahas dalam artikel ini dan semoga bisa menjadi salah satu referensi belajar kamu.

Kalimat persuasif menjelaskan tentang suatu gagasan dengan alasan dan bukti yang akan meyakinkan pembaca.

Lantas, apakah pengertian kalimat persuasif dan contohnya seperti apa? 

Dilansir dari buku ‘Mahir Berbahasa Indonesia’ terbitan Yudhistira Ghalia Indonesia, kalimat persuasif adalah tulisan yang berisi imbauan atau ajakan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan oleh penulisnya.

 

Kalimat persuasif memiliki tujuan untuk mengubah pikiran orang lain agar dapat menerima dan melakukan sesuatu yang diinginkan.

Sebelum melihat contoh kalimat persuasif, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kalimat persuasif

 

Berikut ini ciri-ciri Kalimat Persuasif

Pada umumnya kalimat persuasif adalah kalimat yang berisi imbauan atau ajakan kepada setiap orang yang membacanya. Selain itu, kalimat persuasif juga bisa berisikan saran. Adapun, ciri-ciri khusus kalimat persuasif adalah menggunakan kata ayo, mari, hendaknya, sebaiknya dan juga seharusnya. 

Contoh 1 kalimat persuasif 

Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan pestisida secara berlebihan.

Kalimat yang ditebalkan adalah contoh kalimat persuasif, pada kalimat tersebut berisi ajakan untuk menghindari penggunaan pestisida secara berlebihan.

Kalimat ini ditujukan untuk meyakinakan pembaca pada kalimat-kalimat sebelumnya, dan kalimat persuasif ini kalimat yang mengandung sebuah ajakan, bujukan dan saran.

Contoh 2 Kalimat Persuasif

Banyak orang yang meremehkan sampah. Bahkan, tidak terpikirkan hal yang akan ditimbulkannya. Walaupun tempat sampah banyak disediakan, tetapi kepedulian seseorang terhadap sampah sangat kurang. Sebagai siswa, kamu sebaiknya menyadari dan memiliki sikap peduli terhadap sampah. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya.

Kalimat yang ditebalkan adalah contoh kalimat persuasif, pada kalimat itu berisi ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

Itulah tadi contoh kalimat persuasif yang bisa kamu pelajari. Semoga dengan mengetahui contoh dan cirinya, kamu menjadi paham seperti apa kalimat persuasif itu, selamat belajar!

 

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian dan Ciri-ciri yang Harus Diketahui"

 

Editor : Muri Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network