G7 Sepakat Beri Batasan Harga Minyak Rusia, Begini Reaksi Kremlin

Aditya Pratama
Anggota G7 sepakat mengenakan batas harga pada minyak Rusia. Kremlin menyebut akan berhenti menjual minyak ke negara yang berlakukan batasan harga. (Foto: Reuters)

Diketahui, G7 sendiri terdiri dari Inggris, AS, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang merupakan organisasi dari tujuh ekonomi maju terbesar di dunia yang mendominasi perdagangan global dan sistem keuangan internasional.

Pada pertemuan virtual mereka, para menteri keuangan mengatakan rencana pembatasan harga minyak dirancang secara khusus untuk mengurangi pendapatan Rusia dan kemampuannya untuk mendanai perang agresi. Mereka juga mengatakan ingin meminimalkan dampak ekonomi yang merusak dari konflik, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Adapun pemberlakuan batas harga ini berarti negara-negara yang menandatangani kebijakan tersebut hanya akan diizinkan untuk membeli minyak dan produk minyak Rusia yang diangkut melalui laut yang dijual dengan atau di bawah batas harga.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina, harga minyak melonjak dan tetap pada tingkat tinggi, yang berarti Rusia telah meningkatkan pendapatannya dari bahan bakar fosil meskipun volume ekspornya turun.

Uni Eropa berencana untuk memberlakukan embargo pada minyak mentah Rusia mulai 5 Desember. Ini akan berlaku untuk minyak mentah yang dikirim oleh kapal tanker dan sebagian besar pasokan pipa.

Para analis menyampaikan, China dan India yang merupakan mitra dagang utama Rusia, mungkin tidak mengikuti kebijakan G7 tentang minyak Rusia. Dua negara itu belum bergabung dengan sanksi Barat yang menargetkan Rusia.

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network