Natak Kampung Menuju Herd Immunity, Berolahraga di Perkampungan Nelayan

Maulana
.
Senin, 20 September 2021 | 11:24 WIB

BANGKA, lintasbabel.id - Jumlah pemukiman yang padat penduduk, di daerah tertentu akan banyak memiliki efek samping. Selain muncul kawasan-kawasan kumuh dengam rumah yang tidak layak huni, hal ini juga dapat menurunkan kualitas lingkungan, bahkan pada saat pademi Covid-19 yang sedang melanda di Indonesia saat ini, sangat berpengaruh dan rentan menjadi faktor penyebaran virus Covid-19. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bangka mempunyai terobosan dengan membangun Ruang Terbuka di Kawasan Nelayan 1, Kelurahan Sri Menanti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, yang diberi nama "Natak Kampung".

Ruang terbuka Natak Kampung yang diresmikan Bupati Bangka Mulkan,.SH pada bulan April 2021 lalu, kini kerap digunakan masyarakat untuk bersantai melepas penat, setelah seharian bekerja. Tempat ini juga disiapkan dengan dermaga untuk perahu para nelayan bersandar usai melaut.

Tak heran, pada sore hari tempat ini banyak dikunjungi masyarakat sekitar untuk bersantai, lantaran di tempat tersebut dibangun beberapa Gazebo dan kursi, dengan pemandangan menarik di pinggir lautan.

Pada pagi hari, tempat ini pun kerap dijadikan warga untuk berolahraga, lari-lari, apalagi dimasa pademi Covid-19, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan ketahanan tubuh. 

Selain udara disekitar yang masih sejuk, para pengunjung pun dapat melihat panorama yang sangat cantik pada pagi hari. 

Yayuk (34) misalnya, warga Sungailiat ini sengaja datang diwaktu pagi, ke kawasan tersebut dengan mengajak 2 orang anaknya untuk lari-lari kecil atau Jogging.

"Kalau untuk Joggging, baru 2 kali disini, tapi kalau untuk santai sore-sore sering, sekalian ajak anak jalan-jalan, karena kalau masih pagi udaranya masih segar, terus pemandangannya juga bagus," ujar Yayuk.

Disekitar kawasan Natak Kampung, juga tersedia warung-watung kecil yang menjajakan aneka makanan khas Bangka,s eperti Empek-empek, Bujan, Bakwan kuah, Pantiau, dan minuman menyegarkan lainnya. Rasa-rasanya, Natak Kampung di Nelayan 1 ini, patut anda coba, sebagai salah satu alternatif tempat olahraga sembari menikmati udara segar, bersama keluarga kecil Anda atau rekan-rekan.

Kalau sedang beruntung, Anda dapat membawa pulang ikan segar dari nelayan yang sedang menambatkan perahunya di dermaga usai melaut. Ikan yang didapat, selain masih segar, harganya juga relatif murah dibanding harga di pasaran.

Anda, tertarik ?

 

Editor : Muri Setiawan
Bagikan Artikel Ini