get app
inews
Aa Read Next : Siapa Pemilik Guele? Brand Kecantikan yang Hadir Sejak Pandemi Covid Melanda Dunia

6 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Tahi Lalat, Murah Tanpa Harus Operasi

Selasa, 07 Juni 2022 | 16:21 WIB
header img
Ilustrasi tahi lalat.

TAHI lalat, bagi sebagian orang mungkin dapat menjadi pemanis wajah. Namun, tak sedikit yang menganggap kalau tahi lalat, justru dapat merusak penampilan.

Sejumlah cara pun dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat tersebut, mulai dari treatment menggunakan teknologi canggih hingga menggunakan bahan alami.

Tahi lalat sendiri, merupakan pertumbuhan kulit yang dapat berkembang di mana saja. Tahi lalat memiliki warna cokelat dan juga hitam. Beberapa orang menganggap tahi lalat sebagai bintik hitam di kulit yang lumrah. Namun sebagian orang merasa terganggu. 

Orang-orang yang merasa terganggu dengan munculnya tahi lalat pastinya ingin menghilangkannya. Sayang untuk menghilangkan tahi lalat biasanya memerlukan biaya yang besar. Namun ada lho beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat.

Berikut ini cara menghilangkan tahi lalat yang dirangkum iNews.id dari medicalnewstoday, Selasa (7/6/2022). 

1. Bawang putih

Beberapa orang percaya dengan mengoleskan bawang putih ke tahi lalat secara rutin bisa membuatnya memudar, bahkan hilang sama sekali. Hal itu karena bawang putih mengandung enzim yang dapat melarutkan kelompok sel yang menyebabkan tahi lalat. 

 

2. Campuran soda kue dan minyak jarak

Cara menghilangkan tahi lalat yakni dengan mencampur minyak jarak dan soda kue. Campuran itu dapat dijadikan sebagai salep yang mampu menghilangkan tahi lalat bila dioleskan secara rutin selama beberapa minggu. Hal itu lantaran soda kue memiliki sifat mengeringkan tahi lalat dan minyak jarak membantu melindungi kulit.

 3. Cuka apel

Cuka apel memiliki banyak khasiat untuk kulit. Selain mengatasi masalah jerawat, cuka apel juga dapat membantu menghilangkan tahi lalat. Kandungan yang ada pada cuka apel ini bersifat proteolitik yang dapat memecah rantai molekul protein. Cara menggunakannya cukup oleskan cuka apel menggunakan kapas di bagian kulit yang memiliki tahi lalat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

4. Madu

Cara menghilangkan tahi lalat salah satunya dengan madu. Bahan alami ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kecantikan. Salah satu manfaat madu adalah membantu menghilangkan tahi lalat. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa oleskan madu murni secara tipis ke area kulit yang terdapat tahi lalat. Kemudian tutup dengan plester. Gunakan secara rutin selama tiga sampai enam minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

5. Kulit pisang

Selain buahnya, kulit pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya dapat membantu memudarkan tahi lalat. Di dalam kulit pisang terdapat kandungan enzim pencerah alami yang dapat memudarkan tahi lalat. Cara menggunakannya sangat mudah, tempelkan bagian dalam kulit pisang. Diamkan selama satu jam. Kemudian bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk melihat hasilnya. 

 

6. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan tahi lalat yang lainnya dengan minyak pohon the. Minyak ini memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi. Beberapa orang mengklaim dengan mengoleskan minyak pohon teh secara rutin dapat menghilangkan tahi lalat. Anda cukup mengoleskannya secara tipis dan diamkan selama semalaman. Keesokan paginya bilas dengan air biasa

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut