get app
inews
Aa Read Next : Keadaan Ruh Manusia saat Hidup Berbuat Syirik, Dikisahkan dalam Alquran Surat Al Hajj

Alquran Surat Az Zumar Ayat ke 53, Latin, Arti & Makna serta Tafsir

Kamis, 30 September 2021 | 11:28 WIB
header img
Alquran Surat Az Zumar ayat ke 53 berisi tentang besarnya rahmat Allah yang akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang beriman jika mereka bertaubat. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Isi kandungan Alquran Surat Az Zumar ayat ke 53 ini tentang besarnya rahmat Allah kepada orang-orang yang beriman. Meski mereka melakukan perbuatan dosa, Allah tetap akan mengampuni semua dosa-dosanya jika benar-benar bertaubat. 

Surat Az Zumar merupakan surat Makkiyyah yakni diturunkan di Kota Makkah, kecuali ayat 52, 53 dan 54 masuk dalam surat Madaniyyah. Surat Az Zumar berjumlah 75 ayat dan turun sesudah surat As-Saba.

Berikut tulisan Alquran Surat Az Zumar ayat ke 53, Latin, Arti dan Maknanya:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

۞ قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ - ٥٣

Latin: Qul Yaa 'ibaadiyalladziina asrafuu 'alaa anfusihim laa tataqnathuu min rahmatillahi innallaha yaghfirudz dzunuuba jamii'aa. Innahuu huwalghafuururrakhiim.

Artinya: Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Makna Surat Az Zumar Ayat 53:

Pada ayat yang lalu digambarkan betapa buruknya sanksi yang diperoleh orang-orang yang durhaka. Segala apa yang sudah mereka peroleh di dunia tidak memberi manfaat sedikit pun untuk kese-lamatan mereka. Ayat-ayat berikut menggambarkan betapa Allah itu Maha Pengasih lagi Maha Pengampun bagi hamba-hamba-Nya. Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, “Wahai hamba-hamba-Ku, yang telah berbuat melampaui batas terhadap diri mereka sendiri karena banyak melakukan kedurhakaan! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya selama yang berdosa itu bertobat dan kembali ke jalan yang lurus. Sungguh, Dialah Zat Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Editor : KastolaniMarzuki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut