get app
inews
Aa Read Next : Jual Minol Tanpa Izin, Kafe Resto di Belitung Timur Dirazia : 16 Pekerja Belum Lengkapi Adminduk

Pemkab Beltim Masih Menunggu Hasil Tes Sapi yang Terindikasi PMK 

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:24 WIB
header img
Sosialisasi PMK kepada Peternak dan Pedagang sapi di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur, Kamis (19/5/2022). (Foto: lintasbabel.id/ SUharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Bidang Peternakan, sedang menunggu hasil yang telah dikirim dari spesimen sapi yang terindikasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). 

"Jadi kami sudah melakukan pengambilan spesimen pada sapi yang terindikasi gejala PMK pada selasa (17/5/2022) lalu, dan Pada Rabu (18/5/2022) dibawa ke Balai Veteriner Lampung, guna pengujian laboratorium terhadap PMK ini, kami sedang menunggu hasilnya mudah-mudahan dekat informasi mengenai spesimen yang kita sampai kan itu sudah ada,"  ujar Kepala Bidang Peternakan Heru Indramarta, usai memberikan sosialisasi PMK kepada peternak dan pedagang sapi di Beltim, Kamis (19/5/2022). 

Dia berharap hasilnya nanti adalah negatif, sehingga kasus PMK yang ada, saat ini tidak meluas sampai ke Belitung Timur. 

Sedangkan kalau hasilnya positif, kata Heru, maka Bidang Peternakan akan melakukan langkah-langkah lain terkoordinir nantinya. 

Menurutnya salah satu upaya mengantisiapsi penularan PMK adalah vaksinasi, namun demikian, vaksinasi saat ini sedang diupayakan oleh pemerintah. 

"Vaksin sampai sekarang memang belum ada. Tapi sedang diupayakan oleh pemerintah mudah-mudahan dalam waktu dekat vaksin sudah bisa dibuat," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut