get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Lagi Nyangkul di Kebun, Warga Pangkalpinang Diangkut Polisi dan TNI, Ada Apa?

Sabtu, 25 September 2021 | 20:54 WIB
header img
Babinkamtibmas dan Babinsa datangi warga ke rumah. (Foto : lintasbabel.id/ Haryanto).

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Warga di Kelurahan Tamberan, Pangkalpinang, Bangka Belitung, dibuat kaget dengan kedatangan Polisi bersama TNI, ketika dirinya sedang mencangkul di kebun dekat rumahnya. Sabtu (25/9/2021). Warga tersebut kemudian diangkut dan dibawa ke suatu tempat.

Warga tersebut tak sendirian, dia diangkut besama temannya yang saat itu sedang mengecat dinding rumah dekat kebunnya.

Personel Polisi dan TNI itu membawa warga tersebut dengan sepeda motor mereka. Satu orang diboncengi anggota TNI dan satu membawa motor sendiri. Sementara personel polisi dengan motor dinasnya mengikuti dari belakang.


Babinsa bonceng warga di Kelurahan Tamberan Pangkalpinang. (Foto : lintasbabel.id/Haryanto). 

Sebelum diangkut, kedua warga tersebut juga diminta membawa KTP serta nomor handphone yang aktif. Sampai ditujuan, mereka diminta untuk menyerahkan KTP dan nomor HP kepada dua orang petugas yang sudah menanti kedatangannya.

Usai didata keduanya menuju meja selanjutnya, yang disambut petugas lainnya dengan gaya seperti menembak mendekatkan sesuatu benda di kepala mereka. Benda tersebut diketahui alat pengukur suhu tubuh.

Ternyata, mereka dibawa ke tempat vaksiansi untuk disuntik vaksin Covid-19 yang digelar Polsek Bukit Intan melalui Babinkamtibmas Kelurahan Tamberan Pangkalpinang. Vaksiansi tersebut, berkerjasama dengan Puskesmas Air Itam, pihak kelurahan, Babinsa dan PT Arya Sriwijaya Mandiri.

Babinkamtibmas bersama Babinsa melakukan aksi door to door (pintu ke pintu) untuk mengajak warga sekitar ikut vaksiansi. Tujuannya, mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) di daerah tersebut.

"Ini kami lakukan tujuannya untuk mempermudahkan masyarakat mendapatkan vaksin. Ada mereka mau divaksin tapi sibuk di kebun, makanya kami door to door untuk jemput warga. Tadi ada dua orang yang kami jemput tengah mencangkul di kebun," kata Babinkamtibmas Kelurahan Tamberan, Bripka Julianto.

Menurut Julianto, tidak ada paksaan dari pihaknya kepada masyarakat. Namun komunikasi baik, sehingga banyak warga yang datang untuk divaksin.

"Alhamdulillah kami bahagia bisa membantu warga bisa divaksin dan tidak ada warga yang menolak setelah kami sambangi," ujarnya.

Bagi warga yang sudah vaksin mengaku cukup terbantu dengan cara Babinkamtibmas mengajak mereka, sebab vaksinasi memang dinanti.

"Terimakasih pak Babin telah menjemput kami agar bisa divaksin. Ini sangat membantu kami memperoleh vaksin," kata Alfian.

Sementara warga lainnya Azan, sempat kaget saat didatangi Babinkamtibmas dan Babinsa di kebun. Dirinya sempat ragu dosis vaksin yang akan disuntikan.

"Awalnya memang sempat takut, tapi ada bapak Polisi dan TNI ini saya jadi yakin dan mau divaksin. Dan Alhamdulillah akhirnya sudah divaksin," ucapnya.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut