get app
inews
Aa Read Next : Ilmuwan Ini Bersumpah Temukan Akhirat Setelah 50 Tahun Mempelajari Kematian

Suhu di Neptunus Berfluktuasi Secara Misterius, Ilmuan Dibuat Bingung

Sabtu, 16 April 2022 | 14:27 WIB
header img
Neptunus, seperti yang dilihat oleh Voyager 2 pada Agustus 1989. (NASA/JPL-Caltech/Kevin M. Gill)

JAKARTA, lintasbabel.id - Para ilmuan dibuat bingung, dengan fenomena perubahan suhu planet Neptunus yang begitu cepat.

Neptunus dianggap sebagai planet es karena letaknya yang terlalu jauh dari Matahari. Tapi sekarang penelitian baru yang diterbitkan dalam The Planetary Science Journal menunjukkan suhu normalnya sekitar -220 derajat celsius sebenarnya berfluktuasi secara liar selama dua dekade terakhir. 

"Perubahan ini tidak terduga," kata ilmuwan planet Michael Roman dari University of Leicester di Inggris.

"Karena kami telah mengamati Neptunus selama awal musim panas selatan, kami memperkirakan suhu perlahan-lahan tumbuh lebih hangat, bukan lebih dingin."

Mengumpulkan data suhu atmosfer yang dapat diandalkan untuk Neptunus bukanlah tugas termudah, mengingat seberapa jauh planet dingin ini terletak dari Bumi.

Menggunakan teleskop infrared berbasis darat, para ilmuwan melacak suhu atmosfer Neptunus selama periode 17 tahun. Temuan mereka mengungkapkan penurunan tak terduga dalam suhu global planet sebesar 8 derajat celsius antara 2003 hingga 2018. 

Terlebih lagi, periode pendinginan ini kemudian diikuti pemanasan dramatis kutub selatannya antara 2018 dan 2020 sebesar 11 derajat celsius, sebagaimana dikutip dari The Sun. 

"Perubahan ini tidak terduga. Karena kami telah mengamati Neptunus selama awal musim panas selatan, kami memperkirakan suhu perlahan-lahan tumbuh lebih hangat, bukan lebih dingin," kata peneliti pascadoctoral di Universitas Leicester Inggris Michael Roman. 

Layaknya Bumi, Neptunus mengalami musim saat mengorbit Matahari. Musim Neptunus bagaimanapun berlangsung sekitar 40 tahun. Artinya, belahan Bumi Selatan telah musim panas sejak 2005. 


(Michael Roman/NASA/JPL/Voyager-ISS/Justin Cowart)

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut