get app
inews
Aa Read Next : Sukirman Koordinasi dengan ASDP Soal Pencegahan Peredaran Narkoba di Pelabuhan Tanjung Kalian

Syarat Dilonggarkan, Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Diprediksi Mulai H-4 Lebaran

Jum'at, 15 April 2022 | 15:42 WIB
header img
Dua Kapal Feri yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. (Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok memprediksi kelonjakan penumpang maupun kendaraan pribadi akan terjadi pada H-4 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijiriah. Saat ini belum ada lonjakan penumpang.

GM PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir menyampaikan jumlah penumpang tahun ini diperkirakan akan meningkat, karena syarat penyebrangan tak lagi ketat saat arus mudik tahun sebelumya. 

Kini, calon penumpang yang sudah melakukan vaksinasi booster atau dosis ketiga, tidak memerlukan menunjukkan surat rapid antigen atau hasil tes PCR untuk syarat penyebrangan. 

Hal tersebut sesuai dengan surat edaran (SE) nomor 11 tahun 2022, tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19. 

"Kami justru melihatnya nanti ada resiko dimana pada saat menjelang lebaran itu, akan terjadinya kepadatan terutama dari segmen penumpang. Khususnya kami memprediksi di H-4 sebelum lebaran akan ada lonjakan tinggi begitu juga dengan kendaraan pribadi," kata Christopher Samosir, Jumat (15/4/2022). 

Christoper mengatakan, sepekan berjalan sejak dilonggarkannya syarat penyebrangan, untuk kendaraan pribadi terlihat ada peningkatan mencapai angka sebesar 17 persen dari normalnya untuk penumpang keluar.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran mendatang, pihak ASDP bakal menyiapkan trip tambahan. Nantinya akan ada sebanyak 14 trip untuk skema penumpang super padat. 

"Untuk skema skenario sangat padat, kami melakukan bongkar muat berangkat itu prakteknya bisa sampai empat belas trip dalam sehari. Kalau waktu normal tujuh kali saja, jadi dua kali lipat dan itu pernah dilakukan pada kegiatan lebaran di tahun 2019," tuturnya. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut