get app
inews
Aa Read Next : Pantang Pulang Sebelum Padam, Personel Gabungan Masih Berjibaku Padamkan Api Hutan Lindung Koba

Antisipasi Kebakaran, Petugas Gabungan Cek Kondisi Rutan Kelas II B Muntok

Kamis, 09 September 2021 | 12:04 WIB
header img
Kapolres Bangka Barat saat menguji alat pemadam kebakaran dari Unit Damkar Bangka Barat di Rutan Kelas II B Muntok, Kamis (9/9/2021). (Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Antisipasi terjadinya kebakaran, petugas gabungan dari Polres Bangka Barat, BPBD Bangka Barat dan Unit Damkar Bangka Barat, melakukan pengecekan kondisi Rutan Kelas II B Muntok, Kamis (9/9/2021). 

Adapun titik yang dicek, seperti sistem kelistrikan, ketersediaan alat pemadam kebakaran, dan jalur evakuasi di area Rutan Kelas II B Muntok. 

"Untuk antisipasi kebakaran, kami disini koordinasi bersama Polres, BPBD, Rutan menyamakan persepsi apabila terjadi kebakaran di rutan. Disini kita tahu bagaimana SOP, titik api, jalur evakuasi, bagaimana menghubungi pihak damkar, karena prinsipnya untuk keselamatan warga Rutan," kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto. 

Selain di rutan, petugas gabungan akan mengecek kondisi kesiapan upaya pencegahan kebakaran, di sejumlah fasilitas umum lainnya. 

"Selain disini, nanti juga akan dicek ke sejumlah fasilitas umum lainnya, itu tadi prinsipnya untuk menyelamatkan semua orang lah," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Muntok, Abdul Rasyid Mailela menyampaikan, upaya pencegahan kebakaran di rutan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan PLN setempat. 

"Untuk perawatan sendiri, misalkan kelistrikan di area rutan, kami hampir setiap dua kali seminggu melakukan pemeriksaan listrik dengan dibantu dari pihak PLN," ujar Abdul Rasyid Mailela. 

Selain pengecekan kondisi rutan, petugas juga mensimulasikan kebakaran, dengan menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Bangka Barat. 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut