get app
inews
Aa Read Next : Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1444H Jatuh pada Hari Kamis, 23 Maret 2023

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Besok Sudah Mulai Puasa Ramadhan 1443 Hijriah

Kamis, 31 Maret 2022 | 16:45 WIB
header img
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumbar sudah mulai berpuasa Ramadhan besok Jumat (1/4/2022). (Budi Sunandar/iNews)

PADANG, lintasbabel.id - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dijadwalkan sudah mulai berpuasa Ramadhan besok Jumat (1/4/2022).

Jemaah tarekat Naqsabandiyah juga mulai melaksanakan salat tarawih di masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Kamis (31/3/2022) malam.

"Malam ini kita akan melakukan salat tarawih sebagai tanda akan memasuki 1 Ramadan, maka besok kita mulai berpuasa," kata Sekretaris Naqsabandiyah Padang, Edizon Revindo, Kamis (31/3/2022) saat ditemui MNC Portal Indonesia.

Edizon menambahkan,  jatuhnya bulan puasa tahun pada 1 April itu karena puasa tahun lalu pada hari Senin, maka untuk tahun ini akan dihitung lima hari mulai dari Senin maka puasa akan jatuh pada Jumat besok.

"Kalau tahun depan dihitung lagi mulai hari Jumat sebanyak lima hari, maka puasa tahun depan itu hari Selasa, perhitungan itu dinamakan Hisab Qomariyah yang tertulis dalam Kitab Munjid," katanya.

Untuk lebaran nanti itu akan jatuh pada 1 Mei 2022, karena puasa tarekat Naqsabandiyah itu selama 30 hari. 

Tarekat Naqsabandiyah ini tersebar di beberapa wilayah di Sumatra Barat seperti di Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Kota Solok, juga melaksanakan ibadah puasa pertama di hari Jumat.

"Meski demikian, ada juga yang memulai ibadah puasa sesuai dengan hitungan mereka masing-masing, jadi tidak sama seluruhnya, seperti Muhammadiyah puasa Sabtu nanti,” katanya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut