get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Makna Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh Dimata Gubernur Erzaldi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 16:00 WIB
header img
Gubernur dan Forkopimda Babel upacara Peringatan HUT ke-76 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta secara virtual, Selasa (17/8/21), di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel. (Foto: Humas Pemprov Babel)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dan Wakil Gubernur Abdul Fatah beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), mengikuti upacara Peringatan HUT ke-76 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta secara virtual, Selasa (17/8/2021), di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel.

Pemerintahan Jokowi pada perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengangkat tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Tema ini, kata Gubernur Erzaldi, menyiratkan pesan optimisme dibalik tema tersebut.

"Kita harus optimis menyikapi masa pandemi saat ini, dengan tetap berupaya dan berusaha untuk terus tumbuh dan terus berkembang," kata Erzaldi, usai mengikuti upacara kenegaraan secara virtual tersebut.

Dengan momentum peringatan HUT RI ini juga, gubernur mengajak masyarakat untuk kembali mengobarkan semangat Merah Putih, seperti yang telah dilakukan para pejuang, dengan mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia.

"Sesuai dengan yang dicita-citakan semangat perjuangan The Founding Fathers bangsa besar ini, untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa, kita harus terapkan disaat pandemi ini," ujarnya.

Menurut Erzaldi, dengan persatuan dalam menghadapi pandemi, ditambah bersikap saling mengingatkan dan mendukung, dirinya meyakini segala permasalahan dapat teratasi.

"Baik kekompakan antar penyelenggara negaranya, maupun kekompakan antar masyarakatnya, ini penting mengingat tantangan kedepan sangat beragam," ujarnya.

Menyikapi penerapan PPKM di Provinsi Kepulauan Babel, gubernur berpendapat jikalau masyarakat mematuhi penerapan aturan secara patuh, maka aktivitas masyarakat akan kembali normal seperti sedia kala. 

Kata Gubernur, PPKM dilakukan guna menekan laju penularan Covid-19, serta mengendalikan kapasitas rumah sakit yang menangani pasien agar tidak over capacity. 

Selain penerapan PPKM, Pemprov Kepulauan Babel, saat ini sedang menggencarkan proses vaksinasi dan penerapan isoter bagi pasien terpapar Covid-19.

"Sudah banyak contohnya, seperti DKI Jakarta dengan kedisplinan masyarakatnya, membuat kasus Covid-19 di Ibu Kota tersebut saat ini menurun. Maka, saya meminta untuk masyarakat Babel, tahan nafsu kita sebentar, ini semua untuk melandaikan kasus Covid-19 di wilayah kita," katanya.

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI sendiri berlangsung khidmat. Dan tepat pukul 10.17 WIB, seluruh masyarakat menghentikan sejenak kegiatan dan mengambil sikap sempurna, untuk menghormati Peringatan Detik-detik Proklamasi. 

Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di Istana Negara, juga turut dimeriahkan oleh 8 pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon dan 6 pesawat helikopter TNI, dimana 8 pesawat tempur F-16 melakukan flypast atau atraksi terbang bebas. Sementara 6 pesawat helikopter melakukan penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung, yang mengibarkan bendera Merah-Putih ukuran raksasa.

Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Asops Kosekhanudnas II Makassar Kolonel Pnb Putu Sucahyadi.

Turut hadir mengikuti upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Babel, diantaranya Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Kapolda Babel Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen M. Jangkung Widyanto, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Danlanud Babel Letkol NAV Rudi Hartono, Sekda Babel Naziaro, Kajati Babel Daroe Tri Sadono, beserta para istri jajaran Forkopimda Babel.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut