get app
inews
Aa Read Next : Bawa 84,38 Gram Sabu, Kurir Narkoba Asal Oki Sumsel Diringkus Ditresnarkoba Polda Babel di Basel

Kanwil Kemenkumham Babel Gelar Program Lapas Bersih dari Narkoba

Selasa, 15 Maret 2022 | 22:57 WIB
header img
Program Lapas Bersinar. (Foto: Humas)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id – Kepala Divisi Pemasyarakatan Agus Irianto melaksanakan apel bersama dengan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung Brigjen (Pol) M. Zainal Muttaqien di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Selasa (15-3-22). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran Narkotika di Lapas.

Selain itu, Apel Bersama ini merupakan salah satu wujud dari implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024 dan PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan itu sendiri memperketat pemberian remisi kepada narapidana tiga jenis kejahatan luar biasa, yakni narkoba, korupsi, dan terorisme.

Apel dipimpin langsung oleh Brigjen (Pol) M. Zainul Muttaqien dan diikuti oleh Badaruddin selaku Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang, Kabid Pemberantasan BNN Prov. Kep. Babel, Kombes (Pol). Dinnar Winargo, Kepala BNN Kota Pangkalpinang AKBP Noer Wisnanto, Kepala LPKA Kelas IIA Pangkalpinang Nanang Rukmana, Kepala Rupbasan Kelas II Pangkalpinang Andry Ferly beserta seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, LPKA Kelas II Pangkalpinang, Rupbasan Kelas II Pangkalpinang dan Bapas Kelas II Pangkalpinang.

Brigjen (Pol) M. Zainul Muttaqien memberikan apresiasi dan bangga kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Agus Irianto, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan juga teman-teman petugas Pemasyarakatan untuk melaksanakan apel pagi dalam mewujudkan Lapas Bersih dari Narkoba (Bersinar).

"Saya juga menyampaikan ada 3 (tiga) kunci utama yang disampaikan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Irjen (Pol) Reynhard Saut Poltak Silitonga yaitu DBS (Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergitas Dengan Aparat Penegak Hukum). Kegiatan ini akan kita laporkan ke pada Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia bahwa Kanwil Kemenkuham Kep. Bangka Belitung serius dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam maupun di luar Lapas," tegas Brigjen (Pol) M. Zainul Muttaqien.

Selesai melaksanakan apel kegiatan dilanjutkan pembagian masker kepada pengguna jalan yang melintasi didepan Lapas Kelas IIA Pangkalpinang yang langsung dipimpin oleh Agus Irianto dan Brigjen (Pol) M. Zainul Muttaqien.

Dalam mewujudkan Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergitas Dengan Aparat Penegak Hukum tim gabungan dari Divisi Pas Kanwil Kep. Babel, BNNP Kep. Babel dan Lapas Kelas IIA Pangkalpinang melaksankan tiga kegiatan.

Pertama melaksanakan test urine secara acak terhadap 32 (tiga puluh dua) WBP dan 20 (dua puluh) Petugas Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, dari hasil test urine tersebut hasilnya negatife baik petugas maupun WBP dari penggunaan narkoba.

Kedua melaksanakan penggeledahan blok hunian WBP Narkoba yang berjumlah delapan kamar, dengan pemeriksaan secara teliti setiap WBP dan kamar hunian. Dalam pemeriksaan tersebut tim menemukan buku catatan nomor handphone, obat cina, kaleng asbak rokok, alat cukur kumis, paku besi, sendok almunium, kaca dan korek api gas. Barang temuan tersebut akan didata kemudian diserahkan ke seksi Adminitrasi Kamtib untuk musnahkan.

Ketiga melaksanakan Sosialisasi tentang bahaya Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika yang diikuti 30 (tiga puluh) WBP yang dilaksanakan di aula Lapas, dengan antusiasnya para WBP mendengar dan menyimak sosialisasi yang disampaikan langsung oleh petugas BNNP Kep Bangka Belitung.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut