get app
inews
Aa Read Next : Erzaldi Rosman Diperiksa Kejagung RI, Terkait Korupsi IUP PT Timah

Profil dan Biodata Erzaldi Rosman, Bakal Maju di Pilgub Babel 2024?

Sabtu, 06 Juli 2024 | 17:17 WIB
header img
Erzaldi Rosman, mantan Gubernur Babel yang digadang-gadang bakal maju di Pilkada 2024. Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Erzaldi Rosman Djohan adalah seorang politikus dan pengusaha Indonesia yang menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sejak 12 Mei 2017. Sebelum menjabat sebagai gubernur, ia pernah menjabat sebagai Bupati Bangka Tengah selama dua periode dari 2010 hingga 2017. 

Erzaldi Rosman lahir pada tanggal 31 Oktober 1969 di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang berkomitmen untuk memajukan daerahnya melalui berbagai program pembangunan dan inovasi.

Di bawah kepemimpinannya, Bangka Belitung mengalami berbagai kemajuan dalam bidang ekonomi, infrastruktur, dan pariwisata.

Erzaldi menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Budi Mulia Pangkalpinang dan melanjutkan pendidikan menengahnya di SMP Negeri 1 Pangkalpinang. Ia kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 2 Pangkalpinang.

Untuk pendidikan tinggi, Erzaldi berkulian di Sekolah Tinggi Arsitektur Universitas Tarumanegara (D3), Universitas Labora Jakarta (S1), Universitas Labora Jakarta (S2), dan Ilmu Pemerintahan Institut Dalam Negeri (S3).

Karier Politik

Erzaldi memulai karier politiknya sebagai kader di Partai Golkar, kemudian terpilih menjadi Bupati Bangka Tengah pada tahun 2010 setelah memenangkan pemilihan bupati. Ia terpilih kembali pada periode kedua pada tahun 2015.

Pada tahun 2017, ia mencalonkan diri sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan berhasil memenangkan pemilihan, mengalahkan petahana. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Bangka Belitung.

 

Prestasi dan Program

Sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi telah meluncurkan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Beberapa di antaranya adalah program peningkatan infrastruktur, pengembangan pariwisata, dan peningkatan kualitas pendidikan.

Ia juga aktif dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM.

Kehidupan Pribadi

Erzaldi Rosman menikah dengan Melati Erzaldi dan dikaruniai 3 orang anak. Pria yang dikeluarganya dipanggil Dedi ini, dikenal sebagai sosok yang dekat dengan keluarga dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Biodata Singkat

- Nama Lengkap: Erzaldi Rosman Djohan
- Tempat, Tanggal Lahir: Pangkalpinang, 31 Oktober 1969

- Pendidikan:

  • SD Budi Mulia Pangkalpinang (Tahun 1982)
  • SMP Negeri 1 Pangkalan Baru (Tahun 1985)
  • SLTA Negeri 2 Pangkalpinang (Tahun 1988)
  • D3 Sekolah Tinggi Arsitektur Universitas Tarumanegara (Tahun 1989)
  • S1 Universitas Labora Jakarta (Tahun 1996)
  • S2 Universitas Labora Jakarta (Tahun 2001)
  • S3 Ilmu Pemerintahan Institut Dalam Negeri (Tahun 2007)

- Karier:
  - Bupati Bangka Tengah (2010-2017)
  - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (2017-2022)

- Istri: Melati Erzaldi
- Anak:

  • Febrianto Ammar Rafi (Jakarta, 15 Februari 1999)
  • Nakita Phedra Khoirunnisa (Jakarta, 18 Maret 2001)
  • Tabina Aska Zafirah (Jakarta, 18 Februari 2004)

Erzaldi Rosman adalah salah satu pemimpin yang berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memajukan daerahnya. Kepemimpinannya yang visioner dan program-program inovatifnya diharapkan dapat membawa Kepulauan Bangka Belitung menuju masa depan yang lebih cerah.

Putra dari pasangan Rosman Djohan dan Norma Idroes ini, digadang-gadang bakal kembali maju sebagai bakal calon Gubernur Kepulauan Babel pada Pilkada 2024 ini. Mampukah sang Datuk Dipati Maharajanegeri mengulang kejayaannya meraih suara terbanyak seperti pada Pilkada tahun 2017 silam? Mampukah Bang Er menarik simpati wrga Babel? Menarik untuk dinantikan!

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut