get app
inews
Aa Read Next : Kampanye di Babel, Prabowo Singgung Soal Pengelolaan Timah

Elektabilitas Prabowo Meroket, Pengamat Sebut Bukti Loyalitas Terhadap Presiden

Rabu, 23 Februari 2022 | 19:43 WIB
header img
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: iNews.id).

JAKARTA, lintasbabel.id - Pemilu 2024 memang mash terbilang jau, namun sejumlah lembaga survei sudah melakukan riset terkait tingkat elektabilitas beberapa tokoh. Terbaru, survei Litbang Kompas yang melaporkan elektabilitas Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (capres) 2024 masih yang tertinggi berdasarkan survei Litbang Kompas.

Pengamat politik Adi Prayitno menyebut hal ini karena publik melihat totalitas Prabowo, saat menjabat sebagai menteri serta loyalitasnya kepada Presiden Jokowi.

“Meski jarang tampil ke publik, Prabowo menunjukkan loyalitas dan totalitasnya sebagai menteri. Tak seperti kekhawatiran publik bakal ada dua matahari kembar setelah Prabowo masuk koalisi,” kata Adi dilansir dari OkeZone, Rabu (23/2/2022).

Berdasarkan jajak pendapat Litbang Kompas, terbaru terkait elektabilitas tokoh bakal calon presiden 2024, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo masih berada di puncak (26,5%), disusul Ganjar Pranowo (20,5%) dan Anies Baswedan (14,2%). 

Survei dilakukan pada 17 sampai 30 Januari 2022, dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Adi menjelaskan, elektabilitas Prabowo selalu kokoh lantaran terobosan yang dibuatnya dalam bidang pertahanan.

“Misalnya soal terobosan-terobosan dalam modernisasi alutsista TNI dengan skema pengadaan alutsista government to government tanpa melalui perantara,” ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut