get app
inews
Aa Read Next : 39 Ribu Kendaran Diprediksi Padati Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok Saat Puncak Mudik

Alami Mati Mesin, KM SINAR JAYA Berhasil Dievakuasi

Minggu, 30 Juni 2024 | 12:46 WIB
header img
Proses evakuasi kru dan pemancing KM Sinar Jaya oleh Tim Rescue Gabungan Kantor SAR Pangkalpinang. Foto: Istimewa.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi kejadian yang menimpa kapal KM Sinar Jaya yang mengalami mati mesin di Perairan Rebo Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pada hari Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 04:00 WIB KM Sinar Jaya bertolak pelabuhan muara Pangkalbalam menuju wilayah perairan Rebo.

Diketahui kapal tersebut mengangkut 13 orang yang terdiri 9 orang pemancing dan 4 orang ABK kapal untuk pergi memancing. 

Pada saat akan kembali bertolak menuju pelabuhan Pangkalbalam pada pukul 15.30 WIB, kapal tidak dapat dihidupkan dan mengalami mati mesin.

Nahkoda kapal berusaha menghidupkan kapal tersebut,  namun kapal KM SInar Jaya tidak dapat dihidupkan.

Mengetahui hal tersebut Nahkoda kapal menghubungi Kansar Pangkalpinang untuk meminta bantuan evakuasi.

Menerima informasi tersebut, Kansar Pangkalpinang memberangkatkan 1 Tim Rescue Kansar Pangkalpinang yang terdiri dari Rescuer Kansar PKP dan ABK KN SAR Karna menggunakan RBB (Rigid Bouyancy Boat) untuk menuju Lokasi KM Sinar Jaya yang lego jangkar di perairan Rebo. 

Setiba di lokasi kapal KM Sinar Jaya, Tim Sar segera mengevakuasi Para pemancing dari KM Sinar Jaya ke Kapal RBB milik Basarnas. Tim SAR juga turut membantu nahkoda kapal menghidupkan kapal mereka menggunakan aki cadangan yang dimiliki oleh Kapal RBB Basarnas. 

Setelah berhasil mengevakuasi seluruh pemancing ke kapal RBB dalam keadaan selamat dan juga tim berhasil menghidupkan kembali KM Sinar Jaya, Tim Sar gabungan segera bertolak dari lokasi kejadian menuju Pelabuhan Pangkalbalam.

I Made Oka Astawa, Kakansar Pangkalpinang menuturkan, "Seluruh korban termasuk ABK Kapal KM Sinar Jaya berhasil kita evakuasi dan KM Sinar Jaya yang sebelumnya mengalami mati mesin akibat aki yang lemah berhasil kita hidupkan menggunakan aki cadangan RBB 01 Kansar Pangkalpinang. Kami selalu mengimbau untuk masyarakat yang beraktivitas di perairan, untuk selalu mengutamakan keselamatan dan apabila membutuhkan bantuan SAR, dapat menghubungi 115 agar mendapatkan fast respon terhadap pelayanan SAR," tutur Oka.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut