get app
inews
Aa Read Next : Pelabuhan ADSP Jadi Pintu Masuk Narkoba, Ichlas : Kita akan Berikan Regulasi

Miris! 4 Anak-Anak di Bangka Barat Terjangkit HIV

Jum'at, 28 Juni 2024 | 13:32 WIB
header img
4 orang anak-anak di Bangka Barat terjangkit HIV. Foto: Ilustrasi HIV/Aids/ Istimewa.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Nasib berbeda harus ditanggung 4 orang anak-anak di Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Pasalnya mereka telah ditetapkan terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV), yang diduga terjangkit dari orang tuanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Sapi'i Rangkuti mengatakan, dari 4 orang anak-anak yang terjangkit berasal dari kelompok usia 5-14 tahun. Sedangkan total orang yang terjangkit HIV di Babar saat ini mencapai 86 orang.

"Data dari fasilitas layanan kesehatan atau fasyankes yang memberi layanan PDP atau perawatan, dukungan dan pengobatan, jumlah orang dengan HIV atau ODHIV ada 86 orang. Empat orang itu anak, usia 5-9 tahun ada 2 dan 2 lagi usia 10 sampa 14 tahun," ucapnya, Jumat (28/6/2024). 

Rangkuti mengatakan, jumlah terbanyak yang ditemukan berada pada rentang usia 25-49 tahun. Berdasarkan kasus baru yang ditemukan di tahun 2023 sejumlah 35 orang, 3 diantaranya berada pada rentang usia 20-24 tahun. Kemudian 31 orang usia 25-49 tahun. 

"Sementara ada 1 orang berusia di atas 50 tahun. Untuk kasus baru tahun 2024 sampai bulan juni ini ditemukan 4 kasus dengan rentang usia 25 sampai 49 tahun. Karena ada 4 anak yang kena ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan di sini," ujarnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut