get app
inews
Aa Read Next : Pendaftar PPDB Tingkat SD dan SMP di Bangka Barat Sudah 4.865 Siswa

Rindu Suasana di Sekolah, Anak-anak Ternyata Tidak Suka Belajar Daring

Senin, 02 Agustus 2021 | 15:24 WIB
header img
Ilustrasi belajar daring.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sebuah survei yang dilakukan perusahaan keamanan siber Kaspersky, melaporkan anak-anak di Asia Pasifik kurang menyukai belajar dalam jaringan (daring atau online. Anak-anak ternyata merindukan susana bersama teman-temannya di sekolah

Dalam survei yang dilakukan bersama Toluna terhadap 517 orang tua dan guru serta 64 anak pada April-Mei lalu, hampir satu dari dua anak, atau 55 persen, yang menyukai kelas tatap muka dibandingkan belajar dari jarak jauh. 

Menurut Kaspersky berdasarkan survei tersebut, anak-anak tidak suka belajar online karena harus berada di depan layar (74 persen), dan masalah teknis yang berujung kekecewaan (60 persen).

Seperti dilansir dari Antara, hampir separuh anak lainnya, 45 persen, menyatakan mereka lebih menyukai pembelajaran jarak jauh.

Dari survei itu, sebanyak 57 persen mengaku sulit memahami materi pelajaran saat belajar online. Lebih dari setengah responden mengaku mereka rindu bermain dan mengobrol dengan teman-temannya.

Mata pelajaran yang dirasa sulit bagi anak-anak di Asia pasifik adalah matematika (48 persen), kimia (28 persen), fisika (25 persen) dan biologi (25 persen).

Sementara bagi orang tua, terdapat 68 persen responden yang tidak mau melanjutkan format belajar online setelah pandemi karena anak-anak terlalu sering berada di depan layar (68 persen) dan penurunan kualitas pendidikan secara umum (48 persen).

Hasil survei prefensi belajar tatap muka di Asia Pasifik, menurut Kaspersky, lebih rendah dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Anak-anak di Amerika Latin yang juga lebih menyukai belajar tatap muka berjumlah 75 persen, Afrika sebanyak 73 persen dan Timur Tengah 58 persen.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut