get app
inews
Aa Read Next : Pengabdian Masyarakat, Youth Activator Bawa Pemuda Indonesia dari Berbagai Provinsi ke Belitung

Kompak, 2 Bupati di Pulau Belitong Dukung Penuh HAS Hanandjoedin Jadi Pahlawan Nasional 

Kamis, 17 Februari 2022 | 14:11 WIB
header img
Bupati Belitung Timur Burhanudin (batik biru) dan Bupati Belitung Sahani Saleh (batik hitam). (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Kompak, dua bupati di Pulau Belitung mendukung penuh sosok HAS Hanandjoedin mendapat gelar pahlawan nasional. Hal ini terungkap dalam Seminar Nasional Kepahlawanan H.AS Hanandjoeddin yang dilangsungkan di Auditorium Zahari MZ Pemkab Belitung Timur (Beltim), pada Kamis (17/2/2022).

Bupati Belitung dan Beltim berharap, bisa memenuhi persyaratan kelengkapan dokumen untuk pengusulan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional ke kementerian. 

Ditemui di sela kegiatan, Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah mengupayakan agar HAS Hanandjoedin menjadi pahlawan nasional. 

"Salah satu tokoh pejuang orang dari Belitong Pak Hanandjoedin. Kami berharap seminar ini, pada para peserta dapat diuraikan sejauh mana perjuangan beliau, karena mungkin banyak orang Belitong juga, banyak yang belum tahu dimana mereka berjuang, dan memang beliau ini berjuangnya di Malang, Jawa Timur," ujar Sanem kepada wartawan. 

Menurut Sanem, saat itu Hanandjoedin sebagai komandan distrik, hal itu diketahui Sanem saat menjajakinya ke Malang berkenaan dengan perjuangan Hanandjoedin. 

"Ajudan beliau pun masih hidup, jadi tahu persis perjuangan Pak Hanandjoedin, perang dimana. Dengan adanya seminar ini, juga untuk menyampaikan kepada para peserta, bahwa Hanandjoedin dari perjuangan beliau itu sangat wajar jika ditetapkan sebagai gelar pahlwan nasional," ucapnya. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut