get app
inews
Aa Read Next : Bangka Tengah Kembangkan Pembelajaran Kalistung dengan Metode Gasing

Contoh Soal Median Data Tunggal

Senin, 22 April 2024 | 17:50 WIB
header img
Contoh soal Median Data Tunggal, ada di dalam artikel berikut ini. Simak sampai selesai ya!. Foto: Ilustrasi/ Net.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Contoh soal Median Data Tunggal akan menjadi pembahasan kita kali ini. Median sendiri adalah salah satu materi dalam mata pelajaran Statistika analisis ukuran pemusatan data.

Median (Me) lebih dikenal sebagai nilai tengah, yang merupakan bilangan sentral dari suatu kumpulan ukuran pemusatan data, mulai dari data yang terkecil sampai data terbesar.

Median dikenal juga dengan nilai rata-rata sekumpulan data. Median memiliki dua jenis yakni median data tunggal dan median kelompok.

Median Kelompok kebanyakan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan data, yang dikelompokkan dalam kelas interval tertentu. Cara penghitungannya terbilang cukup rumit karena terdapat banyak data acak.

Median Data Tunggal

Sementara, median data tunggal adalah jenis median yang terdapat nilai tengah pada barisan data. Cara menghitung median jenis ini sangat mudah, terlebih jika datanya merupakan bilangan ganjil, maka data yang berada di tengan barisan adalah mediannya.

Untuk jumlah barisan dengan data genap, dapat diketahui dengan mengambil dua data pada tengah-tengah urutan, lalu keduanya dibagi menjadi 2.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut