get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Pemudik Keluhkan Pembelian Tiket di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok

Rabu, 03 April 2024 | 23:15 WIB
header img
Pemudik yang membawa kendaraan antre memasuki Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Oma Kisma.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Memasuki H-7 Lebaran idul fitri tahun 2024, Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai dipadati pemudik yang hendak melintas ke Pelabuhan Tanjung Api-api, Sumsel. 

Namun banyak kendala yang ditemui para pemudik, salah satu terkait pembelian tiket secara online, terutama untuk calon penumpang yang mudik menggunakan kendaraan.

Rama (33) yang sejak Rabu (3/4/2024) pagi telah mengantre di Buffer Zone atau kantong parkir, belum memiliki tiket, lantaran di website sudah habis terjual.

"Disini aku mau ke Wonogiri, naik mobil ini ke Palembang dulu, datang kesini mendapati masalah tiket, rupanya pembelian secara online, kita belum tau informasi terakhir cuma non tunai langsung ke loket," ucapnya, Rabu (2/4/2024) siang. 

Dirinya yang sudah jauh-jauh bersama keluarga dari Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, saat ini hanya pasrah menunggu kebijakan baru dari pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bangka. 

"Tadi sudah (nanya), tapi belum ada kepastian ada atau tidak penambahan (pelayaran). Informasi yang di dapat tadi dari hari ini sampai tanggal 7 sudah full boking, sudah terjual dan tanggal 8 itu belum bisa di pesan, belum dibuka," katanya. 

Rama berharap, pihak pengelola Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, dapat menambah jumlah pelayaran, supaya para calon pemudik yang belum memiliki tiket dan telah antre di buffer zone dapat berangkat dan pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Kita berharap penambahan kapal, kalau bisa 24 jam, kalau jadwal tiket online kan cuma sampai jam 11 malam, mungkin dengan penambahan semua yang parkir disini bisa terakomodir lah untuk penyeberangan," ucapnya. 

Sementara itu, pemudik lain yang menggunakan sepeda motor, berhasil mendapatkan tiket, namun dengan harga jauh dari normal. Kalau harga normal sepeda motor dikenakan tarif sekitar Rp.150.000. Namun Yusuf membeli hampir dua kali lipat dari itu.

"Nggak ada kesulitan, ada yang bantu, kalau pertama-tama inikan kita belum tahu (tiket online). 250 ribu (belinya), ditambah uang rokok, tapi nggak apalah, kami yang nggak tahu, jadi tahu. (Yang jual) pakai baju biasa tadi, di luar Pelabuhan tadi," ujarnya. 

Yusuf mengaku tidak keberatan dengan harga tiket yang melambung tersebut. Tapi dirinya berharap kedepan akan sosialisasi yang lebih gencar lagi dari pihak pengelola Pelabuhan.

"Kami pemudik ini berharap, ada informasi supaya masyarakat tahu ada peraturan baru," katanya. 

Sementara itu, pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bangka, belum memberikan tanggapan, kebijakan apa yang akan diambil terkait permasalahan tiket yang ditemui calon pemudik tersebut.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut