get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Tumpulnya Pisau Penegakan Hukum yang Dijalankan Polda Babel dalam Menindak Kasus Ilegal Mining

Sabtu, 03 Februari 2024 | 23:05 WIB
header img
Sejumlah ponton isap produksi timah ilegal di perairan Kelabat, Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat. Foto diambil tanggal 6 Juli 2021. Foto: Istimewa.

Hari ini, masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Dusun Mengkubung Desa Riding Panjang Kecamatan Belinyu dibuat tak bisa mencari ikan dikarenakan akses untuk menuju ke laut itu sudah tertutup ratusan ponton. Semakin resah lagi mengingat ketika mereka melaporkan aktivas tambang ilegal itu tak kunjung menuai kepastian.

Konflik horizontal antara masyarakat nelayan dan penambang akan terus terjadi apabila aparat penegak hukum tak serius menyelesaikan persoalan ini. Aparat penegak hukum semestinya bertindak serius agar persoalan ini tidak berlarut-larut, akan tetapi seolah-olah APH tidak berdaya untuk memberantas tambang ilegal di peraian Teluk Kelabat Dalam. Bukan tidak mungkin, rusaknya ekosistem laut bisa terus terjadi.

Terlihat  bahwa Aparat Penegah Hukum (APH) Kepulauan Bangka Belitung tak mampu untuk menyelesaikan persoalan yang sudah jelas melanggar hukum. Proses penertiban oleh aparat penegak hukum memang ada, akan tetapi proses itu dijadikan sebagai halnya seremonial semata.

Kalaupun Aparat penegak Hukum (APH) Kepulauan Bangka Belitung masih tidak serius untuk menyelesaikan persoalan ini, maka mahasiswa Kepulauan Bangka Belitung dan nelayan akan terus melakukan langkah-langkah aksi selanjutnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut