get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Diskominfo Babel Konsultasi Bersama Publik

25 Desa di Babel Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik Kemenparekraf RI

Rabu, 02 Februari 2022 | 16:31 WIB
header img
Sebanyak 25 Desa Wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil masuk menjadi desa binaan dan nominasi desa wisata terbaik tingkat nasional, yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. (Foto: Reza)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Sebanyak 25 Desa Wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil masuk menjadi desa binaan dan nominasi desa wisata terbaik tingkat nasional, yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melalui kegiatan Anugerah Desa Wisata Tahun 2021 dengan tema Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional.

Sertifikat dan plakat penghargaan desa wisata terpilih, diserahkan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Babel, di Ruang Rapat Disparbudkepora, Rabu (02/02/2022).

Kepala Dinas Parbudkepora Babel, Suharto didampingi Kabid Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Firmansyah didaulat untuk menyerahkan secara langsung sertifikat serta plakat tersebut, yang diterima oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Bangka Tengah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Timur, perwakilan dari Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka serta Kabupaten Belitung.

Usai penyerahan, Kadis Parbudkepora mengatakan prestasi desa wisata yang diikuti Provinsi Babel dalam kegiatan Anugerah Desa Wisata Tahun 2021 lalu, dinilai kurang memuaskan dikarenakan kurang mengikuti standar yang telah ditentukan oleh Kemenparekraf.

Ke depan, kata Suharto, pihaknya telah melakukan pendekatan dengan tim penilai yaitu Profesor Doktor Azril Azzahri selaku Ketua Tim Juri Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf, untuk berkoodinasi berkenaan dengan prestasi Babel dalam ajang kegiatan Anugerah Desa Wisata yang akan diikuti pada tahun 2022.

“Tahun lalu kita tidak mengikuti SOP yang ada, namun sekarang sudah berkoordinasi dan SOP sudah ada akan kita serahkan ke daerah yang akan mengusulkan desa wisata pada tahun ini, saya yakin setelah mengikuti SOP prestasi Babel akan lebih baik,” katanya.


Kepala Dinas Parbudkepora Babel, Suharto. (Foto: Reza)

Dirinya juga menyampaikan penghargaan yang diraih Babel dalam ajang kegiatan Anugerah Desa Wisata tahun 2021 lalu, adalah merupakan bentuk kepedulian Kemenparekraf guna memberikan semangat bagi daerah-daerah untuk dapat lebih baik lagi.

“Jangan menjadi puas dengan raihan ini, ke depan semoga kita bisa masuk 10 besar, tolong melalui penghargaan ini sampaikan kepada Bupati agar bisa konsentrasi untuk membangun pariwisata di daerah masing-masing apabila terus berkembang saya yakin kita bisa menjadi yang terbaik dan ke depan akan mendapat perhatian khusus dari pusat,” ujarnya. 

Lebih jauh dia mengatakan, penghargaan ini jangan dianggap sepele, karena ini merupakan langkah untuk memacu perkembangan pariwisata Babel terutama destinasi wisata yang ada di desa. 

“Aset wisata itu paling banyak di desa harus dipikirkan bagaimana membuat desa menjadi kota, semua perangkat desa serta perangkat daerah harus pro aktif untuk membantu masyarakat, kalau tidak mampu laporkan kepada Bupati,” katanya. 

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Evinardi mengatakan prestasi desa wisata yang mewakili Beltim pada ajang kegiatan Anugerah Desa Wisata Tahun 2021 lalu baru masuk 300 besar dari seluruh peserta yang mengikuti dari seluruh Indonesia.

“Walaupun baru masuk 300 besar, ini akan menjadi pemicu bagi beberapa desa wisata di Beltim yang tahun kemarin belum bisa mengikuti. Ke depan kami tetap optimis akan masuk dalam 100 besar karena ada beberapa desa wisata yang berpotensi dan pengelolaannya sangat baik kami juga nanti akan melakukan pendampingan ke desa wisata yang akan mengikuti pada tahun ini,” ujarnya.

 

Dari 25 desa wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berhasil masuk menjadi desa binaan tingkat nasional, Kabupaten Belitung menjadi yang paling banyak mewakili yaitu sebanyak 12 desa wisata, Kabupaten Belitung Timur 6 desa wisata, Kabupaten Bangka 4, sedangkan Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Bangka Barat masing-masing 1 desa wisata.

Untuk penghargaan sertifikat desa wisata terbaik ada 9 desa yang diikuti Babel yang masuk nominasi, yaitu desa wisata Terong masuk 100 besar sedangkan desa wisata Tanjung Rusa, Keciput, Buku Limau, Burong Mandi, Lenggang, Perlang, Tukak dan Kampung Kapitan masuk nominasi 300 besar.(rz)


Sebanyak 25 Desa Wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil masuk menjadi desa binaan dan nominasi desa wisata terbaik tingkat nasional, yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. (Foto: Reza)

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut