get app
inews
Aa Read Next : Posisi Strategis Pemuda dalam Pesta Demokrasi 2024 Sebagai Emansipasi Menghadapi Bonus Demografi

Jutaan Surat Suara Didistribusikan ke Kabupaten Kota di Babel

Rabu, 20 Desember 2023 | 16:41 WIB
header img
Pendistribusian logistik Pemilu 2024 dilepas langsung oleh Ketua KPU  Bangka Belitung Husin,  Asisten I Pemprov Babel M. Soleh dan Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing. Foto : Lintasbabel/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Komisi Pemelihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel), mulai mendistribusikan surat suara ke kabupaten kota di Babel. Pendistribusian surat suara tersebut dikawal ketat oleh pihak kepolisian. 

"Hari ini kita saksikan Forkompimda dan Bawaslu lakukan pelepasan, terkait pengadaan dan pengiriman logistik sudah ada di provinsi kita. Kemudian update pengiriman Belitung sudah dilakukan Senin kemarin," kata Ketua KPU Babel Husin, Rabu (20/12/2023). 

Pendistribusian logistik Pemilu 2024 tersebut, dilepas langsung oleh Ketua KPU Bangka Belitung Husin, Asisten I Pemprov Babel M. Soleh dan Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing. 

"Ada sembilan kontainer membawa surat suara di Babel yang berjumlah 5.452.945. Rinciannya tujuh kontainer untuk wilayah pulau Bangka dan dua kontainer untuk wilayah pulau Belitung," ujarnya. 

Dijelaskannya, dari jumlah tersebut terdapat sekitar 35 ribu surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU). 

"DPR sejumlah 1.000, DPD 1.000, DPRD provinsi 6.000, DPRD kabupaten/kota 27.000, jadi otal 35.000 surat suara PSU. Dengan demikian ada 5.487.945 surat suara untuk Bangka Belitung," ucapnya. 

Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing memastikan, pihaknya akan melakukan pengamanan setiap tahapan pengiriman logistik pemilu tersebut hingga ke gudang logistik pemilu di KPU masing-masing kabupaten/kota. 

"Untuk Logistik itu jangankan tiba pada saat dibuat dan di jalan pun dikawal, termasuk di gudang saya perintahkan dikawal," ujar Kapolda. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut