get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Belitung yang Jatuh di Laut Ditemukan Meninggal Dunia dengan Kondisi Mengapung

75 Orang Relawan Laskar Sekaban Dapat Pembinaan SAR dari Basarnas Pangkalpinang

Rabu, 13 Desember 2023 | 15:17 WIB
header img
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pangkalpinang menyelenggarakan pembinaan SAR Community bagi SAR Laskar Sekaban, di Sungailiat, Rabu (13/12/2023) pagi. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Muhamad Maulana.

BANGKA, Lintasbabel.iNews.id - Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan pencarian dan pertolongan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pangkalpinang menyelenggarakan pembinaan SAR Community bagi SAR Laskar Sekaban, di Sungailiat, Rabu (13/12/2023) pagi. 

Pembinaan terhadap sebanyak 75 orang anggota relawan Laskar Sekaban ini, berlangsung selama 2 hari di Parai Beach Resort, dimana para peserta yang mengikuti pembinaan tersebut mendapatkan pelatihan berupa materi dan pratek langsung di lapangan.


Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pangkalpinang menyelenggarakan pembinaan SAR Community bagi SAR Laskar Sekaban, di Sungailiat, Rabu (13/12/2023) pagi. 
 

Kegiatan pembinaan SAR Community yang ditandai pemukulan gong oleh Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Basarnas, Moh. Baroka Haulah,.S.S.,M.Si turut dihadiri Danlanal Bangka Belitung, Dirporairud Polda Babel, PJ Bupati Bangka.

Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Basarnas Moh. Barokna Haulah mengatakan, semua kalangan khususnya Tim Sar Community, harus memiliki kewaspadaan terhadap potensi-potensi musibah yang ada di sekitar. Selain itu, juga harus memahami apa yang kita lakukan saat menghadapi kondisi kedaruratan.

“Kita semua menyadari bahwa musibah dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan dapat menimpa siapa saja. pendek kata, kecelakaan, bencana, atau kondisi membahayakan jiwa manusia tidak dapat diprediksi sebelumnya,” kata Barokna.

Barokna Haulah juga menambahkan, sebagai leading sector di bidang pencarian dan pertolongan, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) tentu bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, termasuk pertolongan di air. 

“Dengan segala keterbatasan yang ada saat ini, basarnas tidak dapat bekerja sendiri. sesuai amanah nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan, undang-undang memiliki Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (basarnas) kewajiban untuk memasyarakatkan SAR ke seluruh penjuru tanah air. salah satu upaya yang dilakukan basarnas memberikan pembinaan melalui pelatihan seperti pertolongan,” katanya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut