get app
inews
Aa Read Next : Iklan Kampanye Pemilu Dimulai 21 Januari 2024, Media Massa Diminta Patuhi Aturan Penyiaran

Tingkatkan Kualitas Siaran, KPID Babel Ajak Masyarakat jadi Relawan Pengawas Lembaga Penyiaran

Kamis, 30 November 2023 | 18:34 WIB
header img
Forum Masyarakat Peduli Penyiaran KPID Babel yang dilaksanakan di Bangka City Hotel Kota Pangkalpinang, Kamis (23/11/2023). Foto: Istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar Forum Masyarakat Peduli Penyiaran yang dilaksanakan di Bangka City Hotel Kota Pangkalpinang, Kamis (23/11/2023).


Ketua KPID Babel, M. Adha Al Kodri. Foto: Istimewa.
 

Kegiatan yang bertema Sinergitas Insan Penyiaran dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas di Bumi Serumpun Sebalai ini, diikuti oleh sejumlah lembaga penyiaran, komunitas pendengar radio, organisasi kemahasiswaan, dan mahasiswa.

"Dalam proses pengawasan terkait siaran-siaran, KPID mengikutsertakan partisipasi masyarakat, karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki KPID Babel. Salah satu tolak ukur keberhasilan dari KPID adalah bagaimana meningkatkan peran atau partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap kualitas-kualitas siaran radio dan televisi, yang ada di Babel," kata Ketua KPDI Babel, M. Adha Al Kodri.

Dikatakannya, masyarakat tidak hanya sebagai penonton dari siaran-siaran yang ditampilkan oleh lembaga penyiaran. Tetapi juga sebagai penilai dari siaran tersebut.

"Ketika kemudian ada pelanggaran-pelanggaran di dalam tayangan yang didengar dan dilihat, maka masyarakat bisa melaporkan ke KPID Babel. Kehadiran peserta ini penting, dalam rangka untuk menjadikan peserta sebagai duta atau agen-agen atau relawan-relawan yang dapat memantau atau melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran. Ketika hal ini berlangsung, maka lembaga penyiaran tentunya tidak berani untuk menaikkan (menayangkan) hal-hal yang melanggar etika, dan norma agama," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut