get app
inews
Aa Read Next : Gemawira Beltim Gelar Pertemuan Rutin Bulanan, Bahas Program GEMPAR

Mengenal Cempedik, Ikan Lokal yang Berpotensi untuk Dibudidaya

Selasa, 28 November 2023 | 07:50 WIB
header img
Ikan Cempedik (Osteochilus spilurus) memiliki potensi untuk dikembangbiakkan. Foto: istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Ikan Cempedik (Osteochilus spilurus) merupakan ikan asli Indonesia yang dapat ditemukan di Pulau Sumatera, Jawa  dan Kalimantan. Spesies ini termasuk kedalam famili Cyprinidae, yang memiliki karakteristik morfologi dengan warna tubuh keperakan, memiliki sepasang sungut terletak diujung mulut bagian bawah, bentuk sisik ctenoid, dan posisi sirip perut terhadap sirip dada bersifat abdominal serta terdapat ciri khusus berupa bintik hitam di pangkal ekornya. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang maksimal 10,2 cm.

Ikan Cempedik termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang bersifat herbivora dan memiliki kebiasaan memakan fitoplankton. Spesies ini di alam cenderung hidup pada habitat yang di sekitarnya terdapat tanaman air seperti rasau, Hydrilla sp., Pandanus sp., dan rerumputan atau tumbuhan lainnya yang mati di dasar perairan atau di sekitar aliran sungai yang berarus tenang dan terlindung.

Pada daerah Belitung khususnya Belitung Timur, ikan Cempedik sering ditemukan sebagai ikan konsumsi karena rasanya yang lezat dan sudah menjadi budaya mengkonsumsinya di sana. Tingginya permintaan konsumsi terhadap ikan Cempedik di Belitung Timur belum sejalan dengan ketersediaannya.

Dimana pemenuhan ikan ini masih mengandalkan tangkapan alam dan belum dapat dibudidayakan serta dikembangkanbiakan.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut